Paluta Dapat Jatah Raskin 2 Ton Lebih di Tahun 2014


0

Paluta – Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendapat alokasi beras untuk rakyat miskin (raskin) pada tahun 2014 sebanyak 2.186.820 kilogram (kg) dan 12.149 rumah tangga sasaran (rts). Sementara untuk rts nya akan dijatah 15 kg perbulannya.

Hal tersebut terungkap saat  Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) pada sekretariat Daerah Paluta menggelar sosialisasi beras miskin (raskin) tahun 2014 di Aula kantor Bupati, Jalinsum Gunung Tua-Psp, Km 4, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (6/3).

Turut hadir pada acara sosialisasi diantaranya, Plt Sekdakab Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak, Asisten II Pemkab Ir Marapinta Harahap, Ka Subdivre Bulog Maidana Aulia Siregar SH, Kepala BPS Ester dan yang menjadi peserta sosialisasi adalah tim koordinasi raskin, camat se-Kabupaten Paluta dan petugas titik penyaluran raskin.

Plt Sekdakab Tongku Palit Hasibuan SE Ak  menegaskan program raskin merupakan subsidi pangan sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan pada keluarga miskin melalui pendistribusian beras yang diharapkan mampu menjangkau keluarga miskin dengan tujuan program raskin adalah memberikan bantuan pangan bagi keluarga miskin sehingga mengurangi beban pokok dalam kehidupannya.

Tongku menambahkan sosialisasi pelaksanaan raskin tahun 2014, bertujuan agar terlaksananya distribusi raskin untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras.

Manfaat raskin diharapkan kedepannya dapat menjaga stok pangan nasional untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat kurang mampu yang ada di Paluta.

“Dengan dilaksanakan penyaluran raskin nantinya tidak ada permasalahan serta kita tetap akan mengawasi proses pendistribusian raskin tahun anggaran 2014, agar tersalurkan dengan tepat sasaran,” ujar Plt Sekda.

Sementara itu Kabag Ekbang Paluta Hamdan Sukri menyebutkan raskin ini merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan tentang bantuan dan perlindungan sosial yang bersinergi dengan program pembangunan lainnya seperti peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Di samping itu raskin bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin (rts) dalam pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok yang merupakan salah satu hak dasar masyarakat.

Tambahnya, program ini melibatkan berbagai pihak dan memiliki tanggung jawab dan wewenang sesuai dengan tugas pokok (tupoksi) dan fungsinya masing-masing dalam melaksanakan program raskin ini dan program raskin ini bukan program pemerintah pusat semata, akan tetapi juga pemerintah daerah memiliki tanggung jawab secara proporsional, di mana daerah berperan pada pelaksanaan dan penyalurannya.

Yang menjadi narasumber pada acara sosialisasi adalah Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Ester dan Ka Subdivre Bulog Maidana Aulia Siregar. (ong) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut