Panggelong, makanan khas Sipirok yang mengandung banyak gizi


0

Panggelong itu sejenis makanan yang terbuat dari adonan tepung (beras or terigu?) dengan gula aren yang di goreng lalu di bagian luarnya dibalur lagi dengan gula aren. Rasanya manis…

Khusus panggelong selain pada Poken Kamis juga bisa didapat setiap sore di sebuah warung di bagian pangkal Sipirok, bila kita datang dari Medan.

Makanan khas dari Sipirok tersebut yang berada di jalan lintas sumatera, persisnya disamping masjid raya Sipirok, buka habis zuhur hingga ashar, panggelong yang terbuat dari tepung pulut, gula merah atau gula aren sebagai bahan baku untuk makanan khas dari Sipirok tersebut, memiliki Rasa yang unik dan manis yang juga merupakan makanan yang bisa dijadikan untuk oleh-oleh menjelang mudik yang akan dibawah ke kampung halaman atau oleh-oleh yang akan dibawak ke tempat asal pemudik.

Untuk Makanan khas Sipirok seperti panggelong untuk 1 porsinya yang terdiri dari enam keping panggelong dibandrol hanya lima ribu, dengan harga yang murah, segar dan fresh banyak pembeli banyak yang tahu dan sengaja mampir untuk membeli panggelong yang juga makanan khas bagian dari Sipirok tersebut.

Cara membuat Panggelong

Bahan-bahannya gampang kok, mari catat rame-rame,

  • 250 gr tepung pulut
  • Satu gelas air kelapa
  • 250 gr gula aren
  • Daun pandan secukupnya (untuk pewangi)
  • ¼ sendok teh garam

Cara buatnya gampang, campurkan tepung pulut, air kelapa dan garam aduk hingga benar-benar merata dan kalis, diamkan kurang lebih setengah jam, setelah itu bentuk adonan menjadi bulat pipih lalu goreng deh, setelah selesai menggoreng panaskan/cairkan gula aren dengan sedikit air dan daun pandan aduk sampai mengental, kemudian campurkan panggelong yang sudah digoreng dengan gula aren yang sudah mengental, tunggu sampai gula mengering pada panggelong dan tadaaaaa…panggelong siap disajikan.

Selain cara pembuatannya yang gampang, ternyata panggelong ini mengandung gizi yang cukup ok loh, karena terbuat dari tepung pulut yang kualitasnya ok punya ditambah gula aren yang benar-benar original, kebetulan salah satu desa yang berdekatan dengan Sipirok adalah desa pembuat gula aren, jadi panggelong ini mengandung karbohidrat, kalsium, vit A, vit, B, vit C, zat besi, protein, serat pokoke banyak deh, ahli gizi mungkin lebih tau deh.

Untuk lebih jelasnya, jika berkunjung ke Sipirok silahkan langsung ditanyakan pada pedagang panggelongnya. (Disadur dari berbagai sumber)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut