KPU Tapsel Imbau Masyarakat agar Pastikan Namanya Tercantum pada DPT


1
4 shares, 1 point
pemilu 2019
KPU Tapsel Imbau Masyarakat agar Pastikan Namanya Tercantum pada DPT

Tapanuli Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengimbau agar masyarakat dapat memastikan namanya tercantum pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yakni Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) seta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yakni DPD, DPR, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II 17 April 2019 mendatang.

Himbauan tersebut tertuang dalam surat edaran KPU Tapsel Nomor : 989 / PL.01.2-Pu / 1203 / KPU – Kab / XII / 2018, tetanggal 23 Desember 2018 ditandatangani Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum

“Kami mengimbau masyarakat dapat berpartisipasi dengan memastikan namanya ada dalam DPT, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap 2 (DPTHP-2) pada melalui Rapat Pleno Rekapitulasi DPTHP-2 Pemilu 2019 tanggal 15 Desember 2018 di KPU RI Jakarta,“ ujar Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M,Hum, Rabu (26/12).

Dikatakannya, adapun butir-butir imbauan kepada masyarakat tersebut yakni, masyarakat berkenan melihat di mapan pengumuman masing-masing Desa / Kelurahan untuk memastikan pakah nama pemilih sudah terdaftar atau belum terdaftar.

“Apabila belum terdaftar dan sudah memiliki el- KTP, dimohon agar menghubungi Panitian Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), agar nama yang bersangkutan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan apabila sudah terdaftar di DPT, tetapi karena sesuatu hal tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS setempat dan akan menggunakan hak pilihnya di TPS lain, agar segera menghubungi PPS, PPK untuk dimasukkan ke Daftar Pemipih Tambahan (DPTtb),“ ujar Panataran.

Panataran juga menjelaskan, syarat kondisi seseorang dapat pindah memilih yakni, bila seseorang sedang menjalankan tugas saat pemungutan suara, mejalani rawat inap di Rumah Sakit atau Puskesmas dan keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan dip anti social maupun panti rehabilitasi, menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan, atau terpidana yang sedang menjalani hukuman penjara atau kurungan.

Kemudian bila seseorang sedang tugas belajar atau sedang menempuh pendidikan menengah atau pendidikan tinggi, pindah domisili, tertimpa bencana alam dan atau sedang bekerja di luar domisilinya.

“ Yang jelasnya, KPU Tapsel secara resmi telah mengumumkan jumlah DPT Tapsel melalui DPTHP-2 dan pengumumannya telah ditempel di Kantor Camat, Kelurahan, Balai Desa dan di tempat yang mudah diakses masyarakat, yang mana jumlah pemilih di Kabupaten Tapsel untuk Pilpres dan Pileg 2019 sebanyak 204.014 pemilih, “ ujarnya. (Harian9)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
1
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut

0 Comments