PDAM Tirta Sidimpuan Targetkan “Sehat” di 2015


0

Padangsidimpuan – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Padangsidimpuan menargetkan menjadi perusahaan kategori “sehat” tahun 2015 mendatang.

“Tidak ada pilihan, tahun 2015 PDAM Tirta Ayumi harus sehat secara administrasi dan keuangan,” ujar Husni Thamrin Nasution kepada Analisa di P. Sidimpuan, Kamis (28/8).

Dikatakan, dengan posisi pelanggan yang masih berjumlah 1.060 edisi tahun 2014, PDAM saat ini masih tergolong sakit secara keuangan.

Namun dari segi manajemen dan administrasi perusahaan daerah air minum milik Pemko P.Sidimpuan ini sudah mengalami banyak perbaikan dan kemajuan sehingga mendapatkan skor 47 dari Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia).

“Untuk kategori perusahaan air minum digolongkan sehat harus memiliki pelanggan minimal 3.000 pelanggan dan memiliki minimal skor 80 dari Perpamsi,” katanya.

Diungkapkan, guna kategori sehat itu, dirinya sudah melakukan lobi anggaran ke Provinsi Sumut dan pusat yang mendapat respon positif.

“Selama kunjungan ke Provinsi Sumut dan pusat, saya disambut Dirjen Pengairan Kementerian PU yang berjanji akan menganggarkan dana bertahap selama 3 tahun sebesar Rp 8,3 miliar supaya PDAM Tirta Ayumi bisa sejajar dengan perusahaan air minum sejenis di tanah air,” katanya.

Dijelaskan, proposal yang disusun dan diajukan cukup objektif dan instansi terkait dari pemerintah pusat sudah meninjau ke lapangan dan hasilnya pemerintah atasan berjanji akan membantu pendanaan guna peningkatan kapasitas bak penampung air dan pengelohan air di Desa Simatohir, Kecamatan P.Sidimpuan Batunadua dan dan Labuhan Rasoki, Kecamatan P. Sidimpuan Tenggara yang merupakan sumber air PDAM Tirta Ayumi.

Di samping itu, pihaknya juga sedang menyusun proposal penyertaan modal Rp 1,2 miliar untuk pembuatan perizinan dan stock water meter serta Rp500 juta untuk pembangunan kantor baru untuk diajukan ke DPRD pada pembahasan RAPBD 2014 .

“Semuanya itu kita lakukan semata-mata demi peningkatan kualiats pelayanan, penambahan pelanggan dan peningkatan pendapatan perusahaan sehingga nantinya akan memberikan kontribusi berupa PAD ke kas daerah,” tegasnya. (hih) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut