Pekerjaan jalan nasional batas Sibolga-Tapsel sepanjang 36 km dikebut


0

Sibolga – Pihak rekanan PT Pembangunan Perumahan (PP) yang melaksanakan proyek pembangunan jalan nasional batas Sibolga-batas Tapanuli Selatan (Tapsel) sepanjang 36 km, terpantau sibuk mengebut pekerjaan.

Puluhan alat berat pun terlihat diturunkan di sejumlah titik untuk melaksanakan pengorekan dan pengurukan badan jalan, siang hingga malam hari. Akibatnya, pada bagian pekerjaan itu, jalan pun menjadi macet.

Sepanjang tahun 2017, PT PP yang memenangkan tender proyek Western Indonesian Road Improvement Project (WINRIP) secara tahun jamak tersebut terus bekerja tiada henti.

Seperti di Kecamatan Pandan hingga Kecamatan Badiri, puluhan kendaraan dari dua arah, harus sabar mengantre sambil menyaksikan alat berat melakukan pengorekan tebing bukit.

“Mohon bersabar ya pak. Alat berat kami sedang melakukan pengorekan tebing bukit dan memindahkan material tanah serta batuan ke dalam truk pengangkut. Tidak lama kok, hanya sebentar saja,” ucap pekerja PT PP, kepada sejumlah pengendara yang antre, Senin (5/6) sore.

Sejumlah pengendara berharap, kondisi jalan nasional batas Sibolga-batas Tapsel tersebut segera rampung, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Sudah sangat lama kita merasakan jalan rusak, kita berharap jalan ini cepat selesai dan mulus, sehingga kendaraan kita jadi awet, tidak harus keluar masuk bengkel,” sebut Afwandi Tanjung diamini sejumlah pengendara lain yang antre saat itu.

Ketua LSM Metro Watch Sibolga-Tapteng Janner Silitonga mengaku kesal dengan kinerja rekanan PT PP yang terkesan kurang profesional.

Pasalnya, sebagian ruas jalan nasional Sibolga-Padangsidimpuan terlihat sudah diaspal hotmix dan mulus, tetapi banyak bagian lainnya masih rusak dan berlubang-lubang.

“Kesannya, pihak rekanan tidak serius melaksanakan pekerjaan pembangunan jalan nasional batas Sibolga-batas Tapsel ini. PT PP itu perusahaan BUMN, harusnya lebih profesional dan bertanggung jawab,” tegas Janner.

Pada kesempatan lain, warga berharap PT PP segera merampungkan proses pekerjaan jalan nasional batas Sibolga-batas Tapsel.

Menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H, mobilitas kendaraan diprediksi bakal meningkat, karena jalan nasional ini merupakan salah satu jalur mudik.

“Kita berharap, kondisi jalan nasional ini sudah mulus sebelum lebaran Idul Fitri, meski tidak beraspal, hendaknya diratakan dengan timbunan material campuran tanah, pasir dan batu, sehingga kendaraan yang melintas tidak berjoget-joget lantaran jalan berlubang,” sebut Marihot Simamora, warga Sibolga.  [medanbisnisdaily.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut