Pembangunan Layanan Listrik di Kecamatan Aek Bilah Tapsel Rampung


1
1 point
Pembangunan Layanan Listrik di Kecamatan Aek Bilah Tapsel Rampung
RAMPUNG: Pembangunan Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), di Desa Lobu Tayas, Aek Bilah, Tapanuli Selatan.

Tapanuli Selatan – Pembangunan layanan listrik di Kecamatan ‘terjauh’ Aek Bilah, Kabupaten Tapsel, rampung pada akhir 2018 lalu. Hal itu ditandai dengan pembangunan Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), di Desa Lobu Tayas, beberapa pekan lalu.

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu melalui Kepala Dinas Perindustrian Helmi menyampaikan, untuk Kecamatan Aek Bilah, pembangunan layanan listrik telah rampung. Semua desa dan dusun telah memiliki fasilitas listrik. Baik dari PLN, PLTMH dan juga LTSHE. “Yang terakhir adalah LTSHE untuk Desa Lobu Tayas,” sebutnya.

Dikatakan, tuntasnya pembangunan layanan listrik diwilayah itu, tentu tak lepas dari kepiawaian Bupati Tapsel dalam membangun sinerjitas dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki demi Tapsel yang sehat cerdas dan sejahtera.

“Tahun 2011 saja layanan listrik di wilayah itu berada dikisaran 40 persen, melalui jaringan PLN saja. Tapi sejak 2019, mulailah dibangun PLTMH dibeberapa desa dan dusun. Dan diakhir 2018 lalu, melalui program membangun dari pinggiran, nawa cita presiden RI, LTS HE di Lobu Tayas menuntaskan pembangunan layanan listrik di wilayah Kecamatan Aek Bilah,” ungkapnya.

Disampaikan Helmi, dari 12 desa yang ada di Kecamatan Aek Bilah hanya 4 desa yaitu Desa Biru, Tolang, Tapus Sipagabu dan Tapus Godang yang dialiri PLN.

Dan, sebagai bagian upaya mewujutkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, Pemkab Tapsel terus mencari solusi agar masyarakat tidak ketinggalan dari seluruh sektor pembangunan, khususnya layanan listrik. Karena diyakini, dengan adanya listrik, pengetauan dan pola fikir masyarakat akan berkembang sehingga semakin dekat dengan kemajuan.

“Melalui PLTMH, hampir seluruh desa dan Dusun di Aek Bilah teraliri listrik, dan terakhir Desa Lobu Tayas juga mendapat LTSHE,” terangnya.

Tentu kata Helmi, untuk mendapatkan dana pembangunan tersebut dari APBN dan APBD Provinsi membutuhkan kerja keras siang dan malam. Dan hal itulah yang dilakoni Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, selama ini.

“Mudah mudahan, masyarakat Aek Bilah mensyukuri hasil pembangunan ini, tentunya dengan merawat dan menjaga, agar tetap memberi manfaat bagi generasi mendatang,” turunya.

Bahkan sebut Helmi, pelayanan listrik secara keseluruhan di Tapsel, yang terdiri dari 212 desa dan 36 kelurahan telah tuntas. Hanya saja, memang masih ada beberapa dusun dan lingkungan yang perlu program pembangunan kedepan.

“Bicara desa dan kelurahan, semuanya telah terlayani. Namun, yang namanya dusun atau lingkungan, memang masih ada beberapa titik yang belum terlayani. Dan tentunya akan menjadi program prioritas kedepan,” ungkapnya mengakhiri. (Metro Tabagsel)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
1
Suka
Takut Takut
0
Takut