Pembangunan Pasar Benih Ikan Tapsel Tidak Sesuai Tujuan


0

TAPSEL– Sesuai Undang-undang perikanan Nomor 31 tahun 2004, banhwa pengelolaan perikanan dilakukan berdasarkan azas manfaat, keadilan, kemitraan, pemerataan, keterpaduan, keterbukaan, efisiensi dan kelestarian yang berkelanjutan.

Selain itu dalam aturan itu disebutkan, pengelolaan perikanan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan taraf hidup pembudi daya ikan kecil. Dengan kata lain, fungsi Pasar Benih ikan untuk dapat menampung benih ikan yang dibudidayakan masyarakat atau BBI untuk dipasarkan di pasar benih ikan di Desa Holbung Parupuk, Kecamatan Batang Angkola.

“Namun itu sepertinya tidak dilakukan Dinas Perikanan dan Kelautan Tapsel, dalam hal mengelola Pasar ikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendatangkan income daerah,” sebut Aktivis Aliansi Mahasiswa Masyarakat Peduli Birokrasi Bersih (AMMPBB) Horizon Saputra Siregar kepada METRO, Selasa (12/11).

Disampaikannya, selain meningkatkan penerimaan dan devisa Negara, tentu Dinas Perikanan Tapsel juga harus memahami bahwa pasar itu juga sebagai salah satu upaya pemerintah mendorong perluasan dan kesempatan lapangan kerja bagi masyarakat. Sebab hingga saat ini Dinas Perikanan mengaku kewalahan atas kurangnya petugas yang mengelola pasar.

“Pada dasarnya aturan itu juga mengatur bahwa tujuan pengelolaan perikanan, termasuk pengelolaan pasar sebagai wadah tempat jual beli untuk pembudidayaan ikan, yakni meningkatkan ketersedian dan konsumsi sumber protein bagi masyarakat, juga meningkatkan produktivitas, mutu, nilai tambah dan daya saing dengan daerah lain, dan meningkatkan ketersediaan bahan baku untuk industri pengolahan ikan. Namun hal ini seolah tidak ada pada pembuktian pengelolaan pasar tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya saat dikonfirmasi METRO terkait dana pemeliharaan pasar setiap tahun dan hasil yang dikeluarkan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tapsel Harmen Raisa Pane melalui Sekretaris Bangun Hasibuan mengungkapkan, pasar itu pernah beroperasi sebelumnya. Namun soal hasil, petugas di tempatlah yang lebih tahu. (tan)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut