Pemerataan Program KB, Pemkab Tapsel Beri Perhatian Khusus


0

TAPSEL – Pemerintah Kabupaten Tapsel benar-benar menaruh perhatian khusus dan serius menangani masalah Program Keluarga Berencana (KB). Apalagi program tersebut merupakan program nasional yang harus merata di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB PP dan PA) Tapsel Emsi Ermida Hasibuan SE didampingi Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana Mawarni Harahap mengatakan, setelah Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) dimasukkan ke jajaran Pemerintah Daerah (Pemda), maka Pemkab Tapsel telah melakukan pembaharuan organisasi. Dimana tugas dan kerja dari BKKBN melekat pada badan yang dipimpinnya sejak tahun 2014.

Dikatakan, bentuk keseriusan dan perhatian Pemkab pada program nasional tersebut juga tercermin pada pembentukan badan yang menangani KB di Tapsel yang digabung dengan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dimana sebelumnya badan tersebut merupakan kantor yang sejak awal 2014 diangkat statusnya menjadi badan.

“Berarti dalam hal ini pemerintah benar-benar menaruh keseriusan dalam menangani masalah program KB di daearah kita. Apalagi program KB merupakan program nasional, yang harus menyeluruh di seluruh tanah air,” ujarnya.

Dikatakan, Pemkab Tapsel bersama TP PKK melalui Posyandu telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah tentang pentingnya masalah KB tersebut, untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bermartabat.

“Program yang dilakukan Pemkab bersama PKK adalah melakukan advokasi kepada para kader KB. Melalui Posyandu kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya KB tersebut,” ungkapnya.

Disebutkan juga, sejak 3 tahun terakhir, Pemkab Tapsel bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Sumut, secara rutin menggelar kegiatan Kontrasepsi Mantap (Kontap) yang bertempat di RSUD Tapsel.“Tahun ini juga akan kita laksanakan kegiatan itu dengan target 100 peserta KB MOW.

Namun berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, peserta selalu melebihi target, dan ini merupakan indikasi bahwa animo masyarakat terhadap program KB telah membaik. Tentunya itu tak lepas dari upaya, keseriusan dan perhatian pemerintahnya sendiri,” terangnya.

Lebih jelas lagi Emsi menyebutkan, bahwa kegiatan Kontap 2014 akan digelar pada 22 Mei mendatang. “Biasanya peserta KB pria juga ada yang ditangani pada kegiatan itu. Namun pada tahun ini belum ada yang mendaftarkan diri,” pungkasnya. (ran) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut