Pemerintah Perlu Merencanakan dan Merealisasikan Pengadaan TPA di Sipirok


0
Lokasi pembuangan sampah di pinggir Jalinsum Sipirok-Tarutung yang dinilai tidak tepat, sehingga pengadaan lahan TPA di Sipirok perlu dipercepat. (Foto: Amran Pohan)
Lokasi pembuangan sampah di pinggir Jalinsum Sipirok-Tarutung yang dinilai tidak tepat, sehingga pengadaan lahan TPA di Sipirok perlu dipercepat. (Foto: Amran Pohan)

SIPIROK– Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan perlu merencanakan dan merealisasikan pengadaan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Sipirok. Pasalnya sebagai ibukota kabupaten, Sipirok perlu dijadikan tolak ukur penanganan sampah di Tapsel.

Anggota DPRD Tapsel H Gunawan Siregar mengatakan, penanganan sampah utamanya sampah keluarga atau rumah tangga dan juga pasar, tidak bisa dianggap enteng dan terkesan seadanya. Karena akan mendatangkan dampak buruk, baik pada kesehatan masyarakat, kerusakan lingkungan dan kesemrawutan, sehingga menimbulkan ketidakseriusan dan ketidakberesan dalam pengelolaannya.

“Sudah sering dan sudah lama sekali wacana pengadaan lahan TPA di Sipirok itu didengungkan, tapi hingga saat ini belum ada realisasinya. Jadi melihat kondisi penanganan sampah di sana saat ini, adalah sangat tidak pantas karena terkesan menumpang dan menganggu pemandangan saja. Sudah saatnya Sipirok memiliki TPA,” ungkapnya.

Disebutkan Gunawan, penganan sampah di Sipirok saat ini masih sangat jauh dari harapan. Jadi pengadaan lahan merupakan satu satunya opsi untuk mengantisipasi masalah yang ditimbulkannya di masa mendatang.

“Selama ini lokasi pembuangan masih menyewa dan berpindah-pindah. Lokasinya pun kurang strategis karena berada di pinggir jalan Negara, sehingga membuat suasana kumuh di sepanjang jalan itu.” terangnya.

Pantauan METRO, Minggu (17/11) lokasi pembuangan sampak di pinggir Jalinsum Sipirok-Tarutung Km 4, tepatnya di sekitar Aek Sulum, Desa Marsadan, Kecamatan Sipirok, terlihat sangat tidak layak. Pasalnya areal pembuangan berada di jurang tepat di pinggir jalan, sehingga sampah kerap meluber ke badan jalan dan mengeluarkan bau busuk.

Selain itu, jika terus dibiarkan, dampak lainnya adalah pada lingkungan yang masih alami di sepanjang jalan itu, yang juga berpotensi mengalami kerusakan. Pada akhirnya solusi yang paling tepat adalah meneyediakan lokasi TPA yang lebih layak untuk mengantispasi dampak di kemudian hari. (ran) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut