Pemerintah Tapsel Membentuk UPT Metrologi


0

TAPSEL – Pemerintah Kabupaten Tapsel membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi dalam menyukseskan pasar tertib ukur menuju daerah tertib ukur kedepan.

Hal itu ditandai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Tapsel nomor 22 tahun 2013 tentang pembentukan UPT Metrologi Legal pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapsel.

Bupati H Syahrul M Pasaribu SH melalui Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Awaluddin SH pada METRO, Selasa (1/4) mengatakan, pembetukan UPT Metrologi Legal di Tapsel sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 50/M-DAG/PER/10/2009 tentang Unit Kerja dan Unit pelaksana Teknis Metrologi Legal. “Kita memiliki peralatan yang lumayan lengkap, petugas yang telah mengikuti latihan juga sudah kita miliki,” terangnya.

Dikatakannya, Pemkab Tapsel juga telah menyediakan lahan sekitar 5.000 meter persegi untuk rencana pembangunan gedung UPT Metrologi Legal Kabupaten Tapsel yang lokasinya ada di pusat perkantoran pemerintahan Tapsel di Dano Situmba Kilang Papan, Sipirok.

“Kita juga sudah membuat permohonan pembangunan UPT Metrologi Legal dari dana APBN 2014 atau 2015 untuk Kabupaten Tapsel yang merupakan kebutuhan dalam memberikan pelayanan Metrologi di Tapsel,” ungkapnya.

Adapun petugas yang sudah mendapat pelatihan selama 8 bulan dan merupakan tenaga ahli adalah Elfy Nisdawati Lubis. Sedangkan Eceng Pribadi Pulungan sedang mengikuti pelatihan (diklat) di Bandung tentang hal yang sama.

Kabid Perdagangan Diskoperindag Muhammad Ali mengatakan, saat ini pihaknya akan menggelar langkah pendataan mulai 3 hingga 21 April mendatang, dengan sasaran semua pengguna alat Ukur Takar Timbangan dan Perlengkapan (UTTP) lain yang ada di Tapsel.

“Timbangan yang rusak juga akan diperhatikan,” katanya. Dikatakan, di wilayah Tapsel ada sekitar 6.007 pemilik UPTT. Namun setiap tahunnya yang bisa dilakukan peneraan baru 2 hingga 2,5 persen.

“Ceritanya, jika timbangan atau takaran menyalahi, akan berdampak pada menurunnya kepercayaan pasar dan investor. Sehingga dengan hadirnya UPT Metrologi ini, diharapkan pasar tertib ukur menuju daerah tertib ukur, sehingga daerah kita dipercayai oleh para investor,” ungkapnya. (ran) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut