Pemkab Tapsel Dorong Pelaku UMKM Dan IKM Tetap Bersinergi


1
1 point
Pemkab Tapsel Dorong Pelaku UMKM Dan IKM Tetap Bersinergi
Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM saat menjadi narasumber pada acara talk show FO2T di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Minggu (16/12). (Foto : Riswandy)

Padangsidimpuan – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Drs. Parulian Nasution, MM mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) untuk tetap bersinergi dalam upaya promosi dan pemasaran.

Dorongan itu disampaikan Parulian saat menjadi narasumber pada acara talk show Festival Oleh-oleh Tabagsel (FO2T) di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Minggu (16/12).

Sekda menilai, UMKM dan IKM efektif dalam membangun pertumbuhan dan kesejahteraan rakyat. Sebab, berdasarkan kajian Indonesia kontemporer, problematika negara berkembang itu adalah kemiskinan akibat tingginya angka pengangguran.

“ Pengangguran terdidik maupun yang setengah terdidik, terlatih atau setengah terlatih, menjadi angka penyumbang terbesar terhadap tumbuhnya kemiskinan, ”ujarnya.

UMKM dan IKM Antarkan Kesejahteraan Masyarakat

Di depan ribuan warga yang menghadiri kegiatan itu, dia menyakini, dengan adanya program UMKM dan IKM menjadi jawaban yang sangat bijak untuk mengantarkan kesejahteraan masyarakat Tabagsel secara keseluruhan.

“ Sedikit tantangan adalah aura bisnis masyarakat Tabagsel cenderung dibawah rata-rata nasional bahkan daerah, itulah yang menjadi kendala, ” imbuhnya.

Menurutnya di Tapsel saat ini banyak sentra-sentra yang muncul seperti, di Kecamatan Sayurmatinggi, berdiri sentra pandai besi, di Kecamatan Sipirok sentra kopi dan tenun serta di Kecamatan Batangtoru ada juga sentra tenun dan sentra kuliner.

“ Ketika kita ingin menjamin sebuah kesejahteraan, maka program kewirausahaan merupakan suatu tuntutan yang harus ditampilkan. Untuk itu, haruslah ada inovasi dan kreasi baru sehingga nantinya akan muncul gerakan-gerakan yang aktif, prefektif dan konstruktif untuk dapat membangun pertumbuhan UMKM dan IKM tersebut, ” imbuhnya.

Sekain itu, Perulian juga mengakui kalau di Kabupaten Tapsel, sesungguhnya banyak pola-pola yang terbangun seperti, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM disitu sudah banyak yang merangsang pertumbuhan baik peningkatan peranan perempuan dalam dunia kuliner ataupun dalam dunia kewirausahaan.

Parulian berharap, melalui forum ini perlu merekomendasi kedepan agar acara talk show yang seperti ini harus diikuti oleh para OPD terkait untuk dapat menyentuh ke akarnya, sehingga pada gilirannya akan ada beban moral, rasa tanggung jawab moral bagi bidang dan dinas-dinas yang bersangkutan sehingga timbul rasa tanggung jawab ketika ada permodalan perlu adanya pendampingan, pelatihan dan pengawasan, harapnya. (Harian9)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
1
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut