Pemkab Tapsel dukung pemerataan tenaga kesehatan


0

Sipirok  – Kabupaten Tapanuli Selatan sangat mendukung dan mendorong upaya pemerintah dalam hal pemerataan dibidang kesehatan khususnya tenaga medis.

Bupati Syahrul M.Pasaribu, melalui Kabag Humas Tapanuli Selatan dan Protokol Porang Pane di Sipirok, Rabu, mengatakan pemerataan khusus tenaga dokter spesialis sudah saatnya menjadi perhatian.

Dorongan sejalan dengan keluarnya peraturan presiden Nomor 4 tahun 2017 dan sudah diundangkan Januari 2017 tentang Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS).

Tapanuli Selatan memiliki 14 kecamatan berpenduduk mencapai 300 ribu hanya cuma memiliki sebanyak tiga dokter spesialis yaitu spesialis mata, spesialis anastesi, dan spesialis anak.

“Ketiga dokter spesialis jebolan Universitas Sumatera Utara tersebut bekerja menetap di rumah sakit umum daerah (RSUD) Sipirok berstatus Aaparutur Sipil Negara (ASN) di Tapanuli Selatan,”kata Kadis Kesehatan Tapsel dr Fahmi.

Sebenarnya tambahnya, selain ketiga dokter spesialis itu  ada sembilan spesialis berstatus kontrak untuk tenaga di RSUD Sipirok, sebagai upaya agar rumah sakit milik pemerintah itu menjadi type C.

Kesembilan dokter spesialis pendukung berstatus kontrak tersebut ahli dibidang penyakit dalam, paru (1), syaraf (1), Phatologi clinik (1), radiologi (1), bedah (1), THT (1) dan obgin (kandungan) satu orang.

Kemudian ditambah satu dokter yang sudah pensiun tetapi dikontrak karena tenaganya masih cukup dibutuhkan karena ahli dalam, sehingga jumlah total tenaga dokter spesialis Tapsel berjumlah 13 orang.

Sementara, sekretaris daerah Tapanuli Selatan Parulian Nasution, Selasa, mengatakan kekurangan dokter spesialis sudah menjadi perhatian Pemkab Tapanuli Selatan.

“Hanya tinggal menunggu waktu saja dimana ada 6 enam dokter spesialis yang saat ini diberikan pemerintah daerah mengenai tugas belajarnya,”katanya.

Ke-enam dokter itu ada spesialis syaraf, mata, paru, radiologai dan gigi yang berstatus ASN sekaligus putera puteri terbaik daerah yang komit akan mengabdi untuk daerah.

Kabupaten Tapanuli Selatan kata Parulian terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan demi mewujudkan masyarakat Tapsel yang salah satunya menjadi sehat.

Visi misi itu diaplikasikan dengan membuka lima unit pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) rawat inap di daerah ini yang buka selama 24 jam.

Seperti halnya puskesmas batu horpak (Kecamatan Tantom Angkola), Puskesmas Sayur Matinggi, Pintu Padang, Batangtoru dan Puskesmas Angkola Timur.

“Kendati belum memiliki spesialis akan tetapi dokter umum selalu stanby dalam memberikan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas di kecamatan tersebut,”katanya. [antarasumut.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut