Pemkab Tapsel raih opini WTP tiga tahun berturut-turut


0

Tapanuli Selatan –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) untuk Tahun Anggaran (TA) 2016.

Dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) TA 2016 diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Sumut Dra.V.M.Ambar Wahyuni,M.M,Ak.CA kepada Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, SH di ruang rapat Kantor BPK RI Perwakilan Sumut di Medan, disaksikan Anggota V BPK R.I. Ir.Isma Yatun MT. Selasa (30/5/2017).

Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Assert Daerah (BPKAD) Kabupaten Tapsel Drs. Akhmad Buchori Siregar, MM mengatakan, sesuai LHP dari BPK TA 2016 Pemkab Tapsel mendapat WTP dan opini WTP yang diraihnya ini sudah tiga tahun secara berturut-turut yang merupakan penghargaan kepada aparatur pemerintah Kabupaten Tapsel.

“Kabupaten Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati dua periode H.Syahrul M Pasaribu, SH berhasil mengukir sejarah dengan Opini Terbaik WTP tiga kali berturut-turut dari BPK RI, antara lain tahun 2015 atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2014, tahun 2016 atas LKPD TA 2015 dan tahun 2017 atas LKPD TA 2016,“ ujar Buchori.

Ia menambahkan, opini yang diraih ini harus dipertahankan, apalagi dinamika pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dari waktu ke waktu terus mengalami berbagai perubahan.

“Kalau dulunya pemeriksaan tidak menyentuh pada hal-hal tertentu sekarang sudah menyentuh berbagai sektor dan laporan keuangan tersebut benar-benar dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sesuai dengan tujuannya dimana masyarakat harus menikmati manfaat dari pada setiap laporan keuangan yang disusun Pemkab Tapsel,“ tegasnya.

Buchori menyatakan perolehan opini WTP bagi Kabupaten Tapsel ini karena laporan keuangan Pemkab Tapsel dinilai sudah memenuhi empat kriteria diantaranya kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

“Pemkab Tapsel juga tetap berkomitmen akan terus membenahi penyelenggaraan laporan keuangan sehingga dari waktu ke waktu pengelolaan laporan keuangan semakin membaik, akuntabel, transparan,“ paparnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Tapsel H. Naswardi Sialoho, SH mengatakan, DPRD Tapsel memberikan apresiasi kepada Pemkab Tapsel atas kerja keras yang dilakukan, sehingga selama tiga kali berturut-turut Pemkab Tapsel memperoleh opini WTP. [harian9.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut