Pemkab Tapsel Salurkan Insentif Guru Mengaji


0

TAPSEL – Pemerintah Kabupaten Tapsel akan senantiasa memperhatikan para guru mengaji yang ada di wilayah Kabupaten Tapsel. Keberadaan guru mengaji tersebut dinilai memiliki potensi yang cukup besar dalam melakukan pembinaan dan persiapan terhadap anak sejak usia dini, khususnya terhadap penguasaan sumber hukum pokok umat Islam yaitu Alquran.

Demikian dikatakan bupati Tapsel saat melakukan silaturahmi dengan para guru mengaji yang ada di wilayah Kabupaten Tapsel Jumat (13/12) di aula asrama haji Kabupaten Tapsel.

Dikatakan, seyogianya perhatian terhadap para guru mengaji bukan hanya karena tuntutan Perda 11 2007 tentang kewajiban baca tulis Alquran, tetapi hendaknya merupakan tututan yang hakiki bagi setiap umat Islam.

Namun demikian, keberadaan Perda 11 Tahun 2007 tentang baca tulis Al-Quran diharapkan semakin mendorong dan memberdayakan seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan yang sifatnya mencerdaskan anak-anak usia sekolah terutama dibidang pemahaman agama. Lebih jauh Syahrul mengatakan, kebersamaan, kekompakan yang terjalin dengan baik selama ini patut disyukuri menuju kehidupan yang lebih baik kedepan.

“Kalau Ulama dan Umaro bergandengan tangan dalam membina umat, maka kedepan akan terjadi peningkatan kualitas pengetahuan masyarakat, bukan saja pengetahuan bidang agama, tetapi bidang lain,” terang Syahrul.

Oleh karena itu Bupati berharap, agar para Kepala Kementrian Agama, para Ustaz di kecamatan dan desa saling melakukan kerjasama dalam membina umat, termasuk Badan Kontak Majlis Taqlim (BKMT) yang ada serta elemen masyarakat lainnya.

“Selaku pemerintah, kami akan selalu memperhatikan seluruh aspek yang ada, seperti pemberian insentif kepada guru-guru pesantren, pemberian kenderaan operasional kepada seluruh MUI Kecamatan. Semua ini kita lakukan dalam upaya percepatan pembangunan,” ungkapnya.

Mewakili MUI Tapsel H. Haspan Pulungan mengatakan, sebagai ulama pantas berterima kasih kepada Pemkab Tapsel yang telah memberikan perhatian khusus terhadap guru-guru mengaji yang ada di wilayah Tapsel, sehingga sampai saat ini jumlah guru mengaji yang terdata ada sebanyak  920 orang yang tersebar di seluruh wilayah Tapsel.

“Perhatian ini harus kita sahuti dengan bekerja keras dalam membina anak didik termasuk terhadap murid yang setiap saat selalu bertambah. Demikian juga terhadap guru yang sudah bekerja selama ini belum masuk daftar dengan ketentuan memenuhi syarat dan benar-benar mengabdikan dirinya dalam memberikan pelajaran terhadap baca tulis Alquran,” sebutnya.

Lebih lanjut Aspan mengatakan, seandainya seluruh elemen telah bersinergi dalam memberikan pengajaran, khususnya terhadap generasi yang ada tentang pemahaman perilaku yang terkandung dalam  Alquran, maka  diyakini sinar Alquran dan Akhlaq umat akan semakin baik.
Kepala Bagian Kemasyarakatan Sekdakab Tapsel H. Solihiddin Harahap mengatakan, guru mengaji yang hadir sebanyak 350 orang.

“Pertemuan ini bersifat silaturrahmi diantara sesama guru dan pembinaan dari MUI dan Pemkab. Selain itu juga akan biberikan sekaligus insentif mereka yaitu 160.000 per bulan akan dibayarkan sekaligus tiga bulan yaitu Oktober, November, Desember,” terang Solih. (ran) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut