Pemkab Tapsel tak pernah keluarkan izin di Aek Sabaon


0

Tapanuli Selatan – Walau alih fungsi lahan hutan menjadi tempat rekreasi ada di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar dan Desa Sibiobio, Kecamatan Angkola Timur, namun Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengaku tidak pernah mengeluarkan izin dalam bentuk apapun.

“Saya tidak pernah mengeluarkan izin bangunan maupun pengalihan lahan dan usaha di kawasan tersebut, karena wilayah itu merupakan kawasan hutan, yang saya maksud izin dari setingkat camat sampai dengan bupati ya. Kalau setingkat kepala desa saya tidak tahu,” ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu kepada wartawan ketika ditemui, Senin (24/4/2017).

Dikatakannya, meski pembukaan lahan tersebut banyak dijadikan untuk usaha pribadi, namun dengan tegas pemerintah tidak pernah mengeluarkan izin usaha itu.

“Intinya, untuk menjaga kelestarian hutan, saya tidak pernah mengeluarkan izin pemanfaatan lahan kepada siapapun, terutama untuk usaha pribadi,” jawabnya.

Selanjutnya, pihaknya mau menindak pelaku perambahan dan pembukaan kawasan itu. Akan tetapi, PemkabTapsel tidak mempunyai kekuatan, karena kewenangan sudah diambil alih oleh Pemprov Sumut.

“Tentunya yang mempunyai hak untuk melakukan penindakan saat ini adalah pemerintah tingkat satu,” ungkapnya.

Apabila Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi memberikan kewenangan, maka Pemkab Tapsel akan memberikan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tindakan itu akan disesuaikan dengan kewenangan yang diberikan oleh provinsi, ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap seluruh masyarakat, khususnya di Wilayah Tapsel agar mengerti kondisi kewenangan Pemkab Tapsel saat ini. [wali.co.id]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut