Pengalihan Angkutan di Sidimpuan Belum Tuntas


0

SIDIMPUAN – Kemarin, Rabu (5/3), merupakan hari ketiga beroperasinya Terminal Hutaimbaru Pal IV Maria. Namun pengalihan angkutan umum belum tuntas juga. Itu dilihat dari banyaknya angkutan umum yang mangkal di Jalan Merdeka Simpang Sadabuan.

“Hanya beberapa lin angkutan umum yang bersedia beralih dari Jalan Merdeka ke Terminal Hutaimbaru Pal IV Maria dan masih banyak yang menunggu keputusan rapat Dishub, direksi atau pengusaha angkutan dan pihak Organda.

Dampak dari ini semua, penataan angkutan umum dari berbagai lin di terminal mengalami kendala. Selain itu, tarif retribusi angkutan umum juga belum bisa ditetapkan,” ujar seorang petugas Dishub di Terminal Hutaimbaru Pal IV Maria, Akhiruddin Lubis.

Dia menjelaskan, sekitar 20 loket angkutan umum yang ada di terminal juga belum ada yang mempergunakannya, walau semua loket itu sudah ada yang punya. Dengan demikian, sebelum semua angkutan umum beralih, maka Terminal Hutaimbaru Pal IV Maria belum optimal atau belum dapat menaikkan dan menurunkan penumpang. Namun begitu, walaupun belum kondusif, terminal akan tetap beroperasi seadanya dan setiap angkutan umum yang lewat wajib memasuki terminal.

“Aktivitas terminal masih berjalan, namun belum optimal sesuai dengan yang seharusnya. Memang para awak angkutan umum pun sudah ada yang aktif mangkal di terminal ini. Dengan adanya rencana perundingan antara Dishub, Direksi dan Organda, kita berharap mendapatkan keputusan yang baik, sehingga terminal Psp Hutaimbaru beroperasi sesuai fungsinya,” ujarnya.

Amatan METRO, masih banyak terlihat angkutan umum yang beroperasi di sepanjang Jalan Merdeka Simpang Sadabuan. Sementara itu di Terminal Pal IV Maria pun sudah ada angkutan umum yang masuk dan parkir di sana. Namun belum ada loket-loket yang aktif beroperasi,” .

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Psp Ahmad Bestari Lubis membenarkan pihaknya masih terkendala menata angkutan umum, baik angkutan kota, Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Hal itu, menurutnya, akibat masih ada angkutan umum yang belum beralih dari Jalan Merdeka ke terminal. Namun untuk keputusan tentang pengalihan tersebut, ia menyampaikan belum dapat menjawab secara rinci sebelum ada hasil rapat antara Dishub, direksi dan Organda.

“Hari ini (kemarin, red) kita masih melayangkan surat undangan dan rapat akan diselenggarakan besok. Makanya sampai saat ini belum bisa kita memastikannya kapan pengalihan itu selesai, mudah-mudahan besok sudah dapat hasilnya, sehingga Terminal Hutaimbaru Pal IV Maria berfungsi dengan baik,” jelasnya. (bsl) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut