Pengerjaan Seluruh Proyek Sidimpuan Diprediksi Aman


0

SIDIMPUAN – Menjelang masa akhir pengerjaan proyek pembangunan di Kota Padangsidimpuan (Psp) di bawah pengawasan Dinas PUD Kota Psp untuk akhir Desember 2013 ini diprediksi aman, atau sesuai waktu yang ditentukan, semua proyek yang ada di PU itu dapat diselesaikan hingga batas waktu 24 Desember mendatang. Demikian disampaikan Kadis PUD Kota Psp melalui Kabid Cipta Karya Zalman Lubis kepada METRO, Jumat (6/12).

Menurutnya proyek yang ditangani Dinas PUD untuk tahun 2013 hingga saat ini berjumlah 177 paket dengan penambahan 32 paket di P APBD, Zalman mengaku optimis jika semua rekanan akan dapat menyelesaikan pengerjaan hingga batas yang ditentukan yakni 24 Desember. Hal itu dapat diyakini sesuai dengan hasil pengawasan dan laporan yang ada.
“Dari 177 paket ditambah 32 paket di P APBD, saya yakin semua akan dapat diselesaikan jika kita sudah melihat kondisi saat ini di lapangan, yakni berkisar 85 persen hampir rampung, dan mudah-mudahan itu dapat diselesaikan,” ucapnya.

Zalman juga menyatakan jika dalam pengerjaan proyek tahun 2013 ini terdapat rekanan yang bandel atau tidak dapat menyelesaikan pengerjaan hingga batas waktu, pihaknya akan bertindak tegas dengan memutus kontrak rekanan. Tentunya ini sesuai dengan arahan Walikota Psp untuk tetap memutus kontrak rekanan yang belum selesai hingga batas waktu yang ditentukan.

“Jika nantinya masih ada didapat pekerjaan yang belum selesai, tetap akan kita putus, dan hal itu sesuai arahan walikota untuk memutuskan kontrak bagi yang belum selesai. Tentu kita tidak mau ambil resiko. Meski demikian kami yakin semua pekerjaan akan dapat selesai hingga akhir tahu nanti,” jelasnya.

Disinggung jumlah paket untuk masing-masing Bidang Cipta Karya, Bidang Bina Marga, dan Bidang Pengairan sesuai jenis pekerjaannya, Kabid yang baru menjabat ini mengaku tidak mengetahui persis. Begitupun total anggaran yang dikeluarkan untuk jumlah paket itu. “Kalau persisnya perbidang saya kurang tahu, apalagi anggarannya,” sebutnya.

Sementara itu Aktivis Pemerhati Pembangunan Kota, Sulaiman Nasution kepada METRO berharap agar semua elemen dapat terjun langsung ke lapangan memantau sejumlah proyek. Mengingat akhir tahun merupakan batas akhir laporan pertanggung jawaban proyek sehingga semua proyek baik yang bersifat bantuan APBN, APBD Provinsi dan APBD Kota harus sudah selesai dan sudah ada laporan pertanggungjawabannya.

“Tentunya kita tidak mau terjadi kemoloran pengerjaan fisik terhadap pembangunan proyek-proyek itu. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika semua elemen baik itu DPRD sendiri beserta masyarakat untuk dapat terjun langsung mengawasi proyek itu hingga batas waktu yang ditentukan,” terangnya. (tan) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut