Penghormatan tokoh dunia untuk Mandela


0

Para pemimpin dunia memberikan penghormatan kepada mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang baru saja meninggal dunia pada usia 95 tahun.

Pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama

“Ia adalah seseorang dengan keberanian, prinsip dan martabat yang tak perlu dipertanyakan lagi, seorang manusia luar biasa yang hidupnya bermakna. Saya berdoa untuk dirinya.”

Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma

“Rakyat kita kehilangan seorang ayah. Meskipun kita tahu hari ini akhirnya akan datang juga, kita sangat kehilangan.

Perjuangannya yang tak henti-hentinya untuk kemerdekaan membuatnya dihargai dunia. Bangsa kita kehilangan kehilangan putra terbaiknya.”

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama

“Kita telah kehilangan salah seorang manusia yang paling berpengarug, berani dan sangat baik yang kita alami di dunia.

Melalui kebesaran jiwa yang sangat besar dan kemauan tinggi untuk mengorbankan kebebasannya sendiri bagi kemerdekaan orang lain, Madiba mengubah Afrika Selatan dan menyentuh kita semua.”

Perdana Menteri Inggris, David Cameron

“Cahaya besar telah padam dari dunia. Nelson Mandela merupakan pahlawan pada zaman sekarang. Saya telah meminta agar bendera di Downing Street Nomor 10 dikibarkan setengah tiang.”

Sekjen PBB Ban Ki-moon

Nelson Mandela adalah raksasa bagi keadilan dan inspirasi manusia bersahaja. Banyak pihak di dunia dipengaruhi oleh perjuangan tanpa pamrih untuk martabat manusia, persamaan dan kemerdekaan. Ia menyentuh hidup kita dengan cara pribadi yang dalam.”

Komentar-komentar lain

Melalui Twitter, Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy, mengatakan bahwa Mandela merupakan salah seorang politikus besar pada zaman sekarang.

“Marilah kita mengenangnya dengan komitmen kolektif pada demokrasi,” katanya.

Masih dari Eropa, Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan, “Mandela mengubah jalur sejarah bagi rakyatnya, negaranya, dan benuanya dan dunia.”

Sementara itu dermawan Amerika Serikat, Bill Gates dan istrinya Melinda, mengatakan, “Dari tahanan menjadi presiden, Nelson Mandela tidak pernah capai mewujudkan persamaan dan keadilan bagi rakyatnya.”

Menurut mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, dunia sekarang lebih baik karena kehidupan yang pernah ditempuh Mandela.

“Hari ini dunia kehilangan salah seorang pemimpin paling penting dan salah seorang paling baik di dunia,” tutur Clinton.

Klik BKlik erita duka atas meninggalnya Nelson Mandela disampaikan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. (BBC News)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut