Perkantoran Pemkab jadi daya tarik baru di Tapsel


0

Tapanuli Selatan – Sejak awal 2017, Pemkab Tapsel intens memperhatikan pembenahan halaman, dan areal perkantoran yang ada di Dano Situmba, Kilang Papan, Sipirok. Sehingga, wajah pusat pemerintahan yang komplek tersebut menjadi daya tarik baru di Tapsel.

Selain memiliki pemandangan yang indah, gedung kantor bercat putih, megah, modern yang dipadukan dengan nuansa kedaerahan, tampak tersusun rapi, juga memiliki penataan aneka bunga hias dan terjaganya kebersihan di seluruh lingkungan.

Warga daerah lain juga sangat terkesan dan tertarik dengan keberadaan pusat perkantoran terpadu yang pekerjaannya dimulai tahun 2012 lalu.

Amatan MetroTabagsel.com, pada kunjungan kegiatan monitoring dan evaluasi Tim Teknis KPK RI beberapa hari lalu, para kepala daerah, perwakilan kepala daerah dan rombongan, mengaku sangat terkesan dengan suasana di komplek perkantoran Pemkab Tapsel.

Bahkan, sambil berjalan dari Kantor Bupati menuju gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP), untuk lounching program Sipasada tim dari KPK mengungkapkan rasa salutnya pada suasana perkantoran.

Memang, selain memiliki pemandangan alam yang indah, komplek perkantoran yang berada diperbukitan itu, juga tertata dengan baik serta memiliki fasilitas yang relatif lengkap dan menunjukkan komplek perkantoran pemerintahan yang menyatu atau terpusat disatu lingkungan.

“Ternyata bagus sekali, disini,” sebut Simanjuntak (45) salah seorang pengunjung dari Kabupaten Tobasa, Senin (4/4) lalu. Menurutnya, Pemkab Tapsel memiliki fasilitas perkantoran yang lengkap dan komplek. Tentu, pelayanan akan lebih baik dan biaya yang relatif lebih murah.

Sekali jalan bisa mengurus beberapa hal, karena perkantorannya komplek, dan jaraknya berdekatan,” sebutnya. Disampaikannya, pegawai dan warga Tapsel patut bersyukur memiliki fasilitas perkantoran seperti yang ada saat ini.

Fasilitas kantor ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi pegawai dan juga masyarakatnya. Dan bisa juga menjadi ikon dan daya tarik bagi warga lainnya terutama dari luar daerah, ” ungkapnya.

Pantauan MetroTabagsel.com, secara bertahap, Pemkab Tapsel memang semakin genjar membenahi perkantoran tersebut. Sehingga, suasananya seolah telah disulap jadi perkantoran megah, indah dan menjadi daya tarik di Tapsel.

Terlebih dengan telah rampungnya relokasi makam secara bertahap sejak awal pembangunan komplek megah itu. Mulai dari makam warga Dano Situmba, dan Janji Mauli yang ada di depan Kantor Bupati di komplek perkantoran Pemkab Tapsel Dano Situmba, Kilang Papan, Sipirok itu.

Pembangunannya baru bisa dimulai pada pertengahan 2012 lalu, setelah 62 makam warga Dano Situmba direlokasi dari areal,” terang Kabag Humas Porang Pane, Kamis (6/4).

Pembangunan kantor yang begitu megah, sambung Porang, tentu tidak seperti membalikkan telapak tangan. Namun, secara bertahap, dan setiap tahun, Pemkab berhasil membangun kantor demi kantor hingga seperti yang saat ini.

Saat ini, sudah 24 SKPD berkantor di komplek ini,” ujarnya. Upaya pemkab dalam membangun pusat perkantoran tersebut, terus berlanjut, pada awal kepemimpinan H Syahrul M Pasaribu di periode kedua.

Bahkan, mulai memperhatikan, pembangunan taman, halaman dengan aneka tanaman, sehingga suasana komplek menjadi lebih indah, megah dan asri,” ucapnya.

Dan komplek ini semakin ramai dikunjungi warga, untuk berfoto dan menikmati keindahan alam. Apalagi pemandangan disini sangat indah. Akhir Maret lalu, lanjutan relokasi makam sudah berjalan dengan baik. Sehingga pemandangan ke arah timur semakin menambah pesona.

“Kantor juga semakin nampak jelas dari Jalinsum, tentunya ini semua tak lepas dari dukungan semua pihak termasuk masyarakat Tapsel,” terangnya.

Sekretaris LSM Pemantap Efendi Rambe SKom mengatakan, pihaknya sangat mengakui keberadaan keindahan dan kemegahan yang dimiliki komplek perkantoran Pemkab Tapsel tersebut. Apalagi dengan telah rampungnya lanjutan relokasi makam yang dilakukan sejak 2012 lalu.

“Kita apresiasi langkah Pemkab yang telah berhasil menciptakan lokasi perkantoran megah dan indah. Namun kita berharap agar pelayanan semakin ditingkatkan,” terangnya. Pada kesempatan itu, Rambe juga mengapresiasi Pemkab yang berhasil merampungkan relokasi makam Dano Situmba dan Janji Mauli dari komplek perkantoran tersebut.

Namun, ditegaskan, aagar sebaiknya pemkab juga memperhatikan, lokasi baru dari makam yang ditentukan, agar kedepan dibenahi dan dilengkapi sehingga tampak lebih baik dari lokasi sebelumnya.

“Pemkab harus menumbuhkan semangat kearifan lokal. Jika seluruh makam telah direlokasi, pemerintah juga harus tetap memperhatikan pembangunan di lokasi baru, seperti membangun jalan, pagar atau lampu penerangan, ” terangnya. [metrotabagsel.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut