PKL Jalan Patuan Anggi Digusur


0

SIBOLGA – Usai menggelar rapat bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Disperindagkop, SatPol PP dan Polres Sibolga, akhirnya para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Patuan Anggi digusur dan selanjutnya dilarang kembali menggelar dagangannya disepanjang jalan tersebut.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (KaUPT) Pasar Effendi Dalimunthe yang dikonfirmasi disela-sela penertiban mengaku, itu sudah menjadi keputusan rapat yang digelar bersama beberapa instansi terkait.

“Sudah keputusan dalam rapat kemarin, gak diperbolehkan lagi berjualan disepanjang jalan Patuan Anggi,” katanya, Kamis (28/8).

Dijelaskannya, semua PKL pasar pagi yang sebelumnya mengisi ruas jalan Patuan Anggi akan ditempatkan didalam kawasan pasar Sibolga Nauli. Dan selanjutnya, di jalan Patuan Anggi hanya diperbolehkan membongkar barang dan bermuat kembali hingga pukul 8.00 WIB.

“Kita usahakan semua pedagang bisa tertampung ke dalam Pasar Nauli. Mulai sekarang, di jalan Patuan Anggi hanya diperbolehkan menurunkan barang dagangan untuk dijual di dalam gedung dan memuatnya kembali usai berjualan. Batasnya hanya sampai pukul 8.00 WIB,” bebernya.

Sementara, Kasat Lantas Sibolga AKP Syahrul mengaku selain melarang menggelar barang dagangan, dalam rapat tersebut ditentukan juga letak kendaraan. Artinya, tidak diperbolehkan lagi parkir sembarangan.

“Hanya boleh parkir kendaraan roda dua diruas jalan sebelah kiri. Sedangkan untuk kendaraan roda tiga dan empat ditempatkan di ruas jalan Tongkol dan jalan Pari,” paparnya.

Hasil penertiban ini sendiri kata Syahrul akan dilihat dalam waktu 2 minggu kedepan. Bila sistem penataan yang saat ini dilakukan tidak berhasil, akan dilakukan perubahan. “Kita lihat aja dulu dalam 2 minggu ini, apakah ini akan berhasil” kata Syahrul.

Sebab lanjutnya, ke depan, beberapa orang perwakilan dari setiap instansi terkait akan ditempatkan bertugas setiap harinya. Sehingga penataan yang akan direncanakan akan berjalan maksimal.

“Kita usahakan semaksimal mungkin. Dari personil kita, akan ditugaskan berjaga didampingi petugas dari instansi lainnya,” sebut Syahrul.

Kemudian kata Syahrul, tujuan lain penataan tersebut, juga untuk menanamkan kepada masyarakat agar patuh dan tertib berlalu lintas. “Kita mau arahkan masyarakat untuk patuh berlalu lintas, tidak melanggar rambu-rambu yang ada,” pungkasnya.

Amatan NEW TAPANULI, hingga sore tidak ada lagi PKL yang menggelar dagangannya di sepanjang jalan Patuan Anggi. Dan kondisi lalu lintas juga terlihat lancar. (ts)

(Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut