Polres Madina Rekonstruksi Kasus Pembunuhan di Kebun Karet Aek Siporik


0

Panyabungan. Polres Mandailing Natal (Madina) melakukan rekontruksi perkara tindak pidana pembunuhan berencana dan pencurian dengan kekerasan yang terjadi 25 Februari 2014 di kebun karet Aek Siporik, Desa Simangambat, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Madina, Selasa (25/3). Kapolres Madina AKBP Mardiaz KD SIk yang memimpin rekontruksi didampingi Kasatreskrim AKP Ade Candra, Kasatnarkoba AKP Timbul Sihombing dan Kasat Intelkam AKP Gumawan Pane dengan tersangka Amiruddin Rangkuti alias Jamir alias Ucok Menek, ditemani Rosmawati Matondang selaku penasehat hukum tersangka, memulai rekontruksi disaksikan Jaksa Aditya Tarigan SH, Jaksa Sahril SH dan warga Desa Simangambat.

Berdasarkan keterangan tersangka yang tertuang dalam BAP, motif pembunuhan terhadap korban yang diketahui bernama Slamet Hadi, warga Padang, Sumatera Barat, masalah hutang korban pada tersangka Aman (DPO) yang tak kunjung dibayar senilai Rp5 juta.

Kapolres Madina AKBP Mardiaz KD SIk, disela rekonstruksi, kepada wartawan mengatakan, pemeriksaan secara rekontruksi dilakukan sebagai upaya hukum untuk mengungkap dengan jelas, kasus pembunuhan berencana dengan kekerasan diduga dilakukan tersangka Amiruddin Rangkuti alias Jamir alias Ucok Menek bersama Saparuddin Nasution dan Aman, yang keduanya telah dijadikan Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Dengan dilakukannya rekontruksi, kita mendapati dengan jelas siapa diantara dari ketiga pelaku yang mempunyai peran penting atas terjadinya pembunuhan tersebut, sekaligus menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Polres Madina bekerja keras dalam mengungkap kasus pembunuhan ini,” tegasnya.

Akibat tindak pidana pembunuhan berencana dengan kekerasan yang mengakibatkan kematian, ketiga tersangka dikenakan pasal 340 subs pasal 338 KUHPidana dan pasal 365 ayat (2 ke 2,3,4) KUHPidana jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara seumur hidup.

Sebelumnya, Acara rekrontruksi ulang kasus pembunuhan berencana dengan kekerasan diperankan Brigadir Jonnes S Pane sebagai tersangka Aman, Briptu Erwinsyah Siregar sebagai tersangka Saparuddin Nasution dan Briptu Wan Aditia sebagai korban Slamet Hadi. (zamharir rangkuti)  (MedanBisnisDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut