Polres Tapsel Gelar Operasi Zebra 2013


0

Operasi Zebra PolresPadangsidimpuanPolres Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar upacara gelar pasukan Operasi Zebra 2013 di lapangan Mapolres setempat, Jalan SM Raja Kota P. Sidimpuan,  Kamis (28/11). Sebagai pimpinan upacara Waka Polres Tapsel Kompol Hariyatmoko, S.Ik.

Dalam sambutan tertulis Kapolri Jenderal Pol Sutarman yang dibacakan Waka Polres Tapsel Kompol Hariyatmoko, S.Ik disebutkan, Operasi Zebra 2013 dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menjelang hari Natal 2013 dan Perayaan Tahun Baru 2014.

Sekaligus langkah strategis menjelang pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 yang sebagian pentahapannya berlangsung tahun ini.

Operasi ini katanya akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 28 November 2013 sampai dengan 11 Desember 2013 dengan mengedepankan pola operasi dan cara bertindak penegakan hukum yang didukung oleh tindakan preventif dan preemtif untuk menumbuhkan kesadaran berlalu lintas.

“Sasaran prioritas pada operasi kali ini adalah berbagai pelanggaran yang berpotensi memicu dan menyebabkan terjadinya kecelakaan, “sebutnya.

Usai upacara, Waka Polres Tapsel Kompol Hariyatmoko, S.Ik didampingi Kasat Lantas AKP Abdi Abdullah kepada wartawan mengatakan, Operasi Zebra 2013 digelar dengan tujuan untuk menekan (meminimalisir) angka kecelakaan lalu lintas yang cenderung meningkat setiap tahunnya.

“ Kami tidak ada target khusus tentang jumlah pelanggaran, namun seluruh pelanggaran akan kami tindak berdasarkan peraturan yang berlaku, “ tegas Waka Polres.

Disebutkannya, berdasarkan hasil evaluasi, pelanggaran yang biasa ditemukan di lapangan diantaranya terkait kenderaan yang mendahului kenderaan lain di tikungan, pandangan tidak bebas, ugal-ugalan, jalan yang sempit dan tidak sesuai dengan volume kenderaan, serta dimensi muatan kendaraan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam mengenderai dijalan raya, lengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK serta kelengkapan kenderaan lainnyua seperti lampu, spion, knalpot, helm dan lainnya, “terangnya.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Abdi Abdullah menambahkan, dari hasil evaluasi,  hingga Oktober 2013, rata-rata yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Tapsel mencapai 10 orang per bulan.

“Operasi Zebra dengan sasaran pengendara kenderaan dijalan raya bersifat penindakan agar pengendara mematuhi peraturan lalu lintas, “ katanya.

Acara ditandai, penyematan pita secara simbolis kepada perwakilan peserta upacara. (hih) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut