Produk kerajinan rakyat binaan Dekranasda Tapsel dipajang di Pojok UMK Bagasta Cafe


0

Tapanuli Selatan – Dipandang sekilas, Bagasta Cafe (Bagas Silua Kita Cafe) di Batangtoru, Tapanuli Selatan (Tapsel) ini tampak biasa saja. Lokasinya, di kilometer 4, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapsel, di Jalan Sibolga-Padangsidimpuan.

Kafe berornamen rumah panggung dan berdinding kayu ini juga menjadi salah satu lokasi pilihan masyarakat sekitar untuk berbuka puasa di bulan Ramadan.

Karena, Bagasta Cafe juga menyajikan beragam menu makanan dan minuman, serta lokasi tongkrongan yang representatif untuk bersantai.

Namun, ada yang menarik di salah satu sudut bangunan. Ada pojok Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tapsel yang berada di sebuah ruangan khusus.

Tampak, berbagai hasil kerajinan tangan yang merupakan produk Usaha Mikro Kecil (UMK) masyarakat binaan Dekranasda.

Di Pojok itu ada ulos, kemeja, keris, handycraft dan berbagai aksesoris lainnya. “Iya, semua produk di pojok itu memang hasil kerajinan UMK Tapsel,” ujar Rio Anggara Harahap, pengelola Bagasta Cafe.

Harganya variatif, yang paling mahal adalah ulos hingga mencapai Rp 2 jutaan. Rio mengaku, pojok Dekranasda itu tidak selalu ramai, namun setiap pengunjung dari luar kota yang singgah di Bagasta Cafe, banyak yang tertarik dan membeli.

“Biasanya yang dari luar kota yang mau beli, karena itu kerajinan tangan lokal, jadi mereka tertarik. Meski mahal, produk ulos khas Kabupaten Tapanuli Selatan pun jadi pilihan dan laris manis, kalau produk lain harganya variatif,” ungkap Rio.  [medanbisnisdaily.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut