Profilnya muncul di soal UN, Jokowi merasa dijebak


0

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menduga kemunculan profilnya dalam materi soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah politis. Merasa dijebak, Jokowi menyebut ada orang yang ingin membuat citra dirinya menjadi negatif.

“Jangan sampai pertanyaan atau materi di UN hanya untuk menjelekkan Jokowi yang mempersepsikan yang membikin saya. Tapi bagaimana? Saya tidak pada posisi ini,” jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/4).

Jokowi menambahkan, kemunculan profilnya dalam soal merupakan salah satu cara yang digunakan oleh lawan politiknya. Sebab, Jokowi menilai, mereka tidak dapat menemukan celah untuk menjatuhkannya.

“Kelihatan orang, ada orang yang mau menjebak. Orang sana kan cari-cari gak ada (celah), makanya. Itu kan orang inginkan membangun persepsi negatif. Mereka mencari-cari kesalahan kan kesulitan, makanya dibuat-buat record-nya dibuat,” ungkapnya.

Jokowi juga merasa keberatan ketika profil dirinya menjadi materi soal UN. Menurutnya, nama pahlawan yang lebih layak dijadikan materi soal ujian.

“Ya keberatan dong, saya baru baca tadi pagi. Mestinya materinya mengenai kepahlawanan, siapa yang sudah berjuang untuk bangsa ini,” jelasnya.

Namun, Jokowi tidak dapat menentukan materi apa-apa saja yang akan keluar dalam soal ujian. Karena kewenangan berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bukan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Coba ditanyakan, siapa yang membuat? Apakah pemerintah DKI yang buat? Kenapa memang yang buat Jokowi, tidak berada pada posisi wilayah itu ya gak ngerti,” ungkapnya.

Sebelumnya, beredarnya kabar di media sosial seperti Twitter dan Facebook membahas mengenai soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membahas mengenai profil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Dalam soal itu, terdapat dua paragraf yang berisi profil Jokowi. Isinya antara lain tanggal dan tempat kelahiran Jokowi, kemudian profil dirinya sebagai Gubernur DKI sampai penyebutan Jokowi sebagai tokoh seni dan budaya.

[ren] (Merdeka.com)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut