PT Agincourt Resources Tapsel berkomitmen tingkatkan kontribusi bagi daerah


0

Tapanuli Selatan – Tambang Emas Martabe PT Agincourt Resources (AR) Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berkomitmen akan meningkatkan kontribusi kepada daerah dan terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat lingkar tambang. Langkah ini diyakini sebagai langkah postif dalam menjaga iklim investasi pertambangan yang kondusif.

Iklim investasi tambang akhir-akhir ini banyak mendapat sorotan dari pemerintah dan masyarakat. Di samping menuntut perusahan tambang mengedepankan pengelolaan ramah lingkungan juga harus mampu memberikan kontribusi yang lebih baik kepada daerah.

Namun dalam lingkaran berbagai persoalan yang timbul membuat perusahaan tambang terus berbenah dan selalu membuat kebijakan-kebijakan yang positif dalam membangun hubungan dengan semua pihak.

Tambang Emas Martabe Batangtoru terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam (“CoW”) yang ditandatangani April 1997.

Presiden Direktur Tambang Emas Martabe Tim Duffy pada sambutannya selalu menyebutkan bahwa Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak. Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, 70% karyawan berasal dari masyarakat lokal di sekitar tambang.

Pada Maret 2016, perusahaan konsorsium pertambangan yang dipimpin oleh EMR Capital, spesialis dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia, resmi menjadi pemegang saham utama Agincourt Resources. Kepemilikan saham Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara (Pemda) tidak mengalami perubahan.

Sepanjang tahun 2016, Tambang Emas Martabe mencatat produksi 310.550 ounce emas dan 2.424.537 ounce perak. Naik 2,6% dibandingkan tahun 2015. Di tahun 2015 Tambang Emas Martabe memproduksi 302.449 ounce emas dan 2.534.486 ounce perak. Kegiatan penambangan dan pabrik pengolahan bijih selama 2016 berjalan lancar dengan hasil melebihi target. Ini sesuai dengan peningkatan produktivitas dan efisiensi serta sebagai bagian dari perbaikan terus menerus yang dijalankan sesuai Martabe Improvement Program.

Acuan produksi untuk tahun 2017 berada pada kisaran 250.000 – 300.000 ounces untuk emas dan 2 – 2,5 juta ounces untuk perak. Angka acuan produksi ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya dengan tantangan tambahan adanya pengelolaan bijih mineral berkadar rendah.

Peningkatan Kontribusi Ke Daerah
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) pada tahun ini menargetkan 1 juta us dollar kontribusi dari Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapsel.

“Pihak tambang sudah berkomitmen dengan pemerintah guna meningkatkan kontribusi kedaerah Tapsel sebesar 1 juta us dollar pada tahun ini,” kata Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu melalui Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Tapsel Abadi Siregar di kantornya, Selasa (25/4).

Dikatakan, komitmen PT AR tersebut mencakup tidak hanya dari deviden atas saham juga dari galian “C” dan ijin mendidirkan bangunan (IMB).

“Satu juta us dollar itu masih dinilai terlalu kecil, oleh karenannya bupati bersama tim seperti Asisten II sedang membangun komunikasi yang baik dengan pihak direksi tentunya agar kontribusi ke daerah tersebut semakin meningkat,” katanya.

Dia menilai, bila dibandingkan dengan perusahaan tambang emas di daerah lainnya, kontribusi yang didapat dari PT AR relatif kecil sehingga perlu dilakukan pendekatan dengan pihak perusahaan agar dapat meningkatkan kontribusi ke daerah.

Demikian juga pemerintah berharap perhatian Tambang Emas Martabe lebih ditingkatkan bagi kesejahteraan warga masyarakat lingkar tambang.

“Perusahaan Tambang Emas Martabe mestinya memperluas perhatian kepada warga sekitar. Sasaran dana CSR tidak hanya terfokus pada 15 desa lingkar tambang saja tapi desa lain yang berdampak juga perlu di perhatikan,” tandasnya.

Tanggung Jawab Sosial
Tanggungjawab sosial Tambang Emas Martabe telah dilakukan sebelum memasuki tahap operasi penuh. Hingga menginjak tahun kelima masa operasional penuh Tambang Emas Martabe terus secara berkelanjutan berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat secara terintegrasi melalui sektor kesehatan, pendidikan, pengembangan usaha lokal, pelestarian identitas sosial dan budaya, dan pengembangan infrastruktur di 15 desa lingkar tambang dalam Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru dan secara umum di wilayah Tapsel dan Sumatera Utara untuk meningkatkan akses dan kualitas kehidupan masyarakat.

Berdasarkan data dari Media Relations Superintendent, Corporate Communications Department, mencatat realisasi signifikan tanggung jawab sosial perusahaan telah banyak dilakukan semisal sejak tahun 2014 secara berkesinambungan Tambang Emas Martabe telah melaksanakan pembangunan sarana kesehatan, rumah ibadah, taman bacaan, renovasi sarana pendidikan, pembangunan beronjong, pembangunan rambin.

Bahkan sejak tahun 2011, 2012, 2014, 2015 dan 2016, bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan A New Vision, didukung Kodam I Bukit Barisan, Tambang Emas Martabe menggelar program sosial operasi katarak gratis “Buka Mata Lihat Indahnya Dunia” yang telah memberikan kesempatan kepada 5.662 orang (6.087 mata) untuk menjalani operasi katarak dengan metode penggantian lensa intraokuler secara cepat dan aman dengan tingkat keberhasilan 100%.

Selain itu, dilakukan pula sosialisasi dan pelatihan bagi para kader penyuluh dan tenaga medis di beberapa kota di Sumatera Utara. Total 4.700 anggota masyarakat telah dilatih memiliki pemahaman dasar mengenai katarak melalui pekan informasi katarak dan lebih dari 14.091 orang mengikuti pemeriksaan mata gratis. Secara total, lebih dari 24.500 orang telah memperoleh manfaat dari seluruh rangkaian program ini.

Prospek pertambangan Indonesia ke depan akan sangat baik. Ini, tentu sepanjang dapat diciptakan kebijakan dan regulasi pembangunan yang kondusif, adil dan transparan, penegakan hukum yang konsisten, serta suasana politik dan bisnis yang positif. [medanbisnisdaily.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut