Pusdiklatcab Pramuka Paluta Gelar KMD Angkatan I


0
(Analisa/tohong p harahap) SEMATKAN: Plt Sekdakab  Paluta Tongku Palit Hasibuan menyematkan tanda peserta kepada dua calon pembina pramuka sebagai tanda dibukanya KMD angkatan pertama tahun 2014, Kamis (9/10).
(Analisa/tohong p harahap) SEMATKAN: Plt Sekdakab Paluta Tongku Palit Hasibuan menyematkan tanda peserta kepada dua calon pembina pramuka sebagai tanda dibukanya KMD angkatan pertama tahun 2014, Kamis (9/10).

Paluta – Sebanyak 58 calon pembina Pramuka dari berbagai gugus depan dan kecamatan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) angkatan pertama tahun 2014 yang dipandu jajaran pelatih dan instruktur terlatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Paluta dan Kota Medan di Kompleks SMA Negeri 2 Padang Bolak, Batu Tambun, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (9/10) hingga Selasa (14/10).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Paluta Bachrum Harahap diwakili Plt Sekdakab Tongku Palit Hasibuan, Kamis (9/10) pagi.

Pembukaan kegiatan KMD angkatan pertama tahun 2014 ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada dua calon pembina Pramuka perwakilan peserta oleh Plt Sekdakab Tongku Palit Hasibuan dan penyerahan bendera pataka kursus yang diserahkan secara simbolis dari Ketua Pusdiklatcab Paluta Kak Siti Salha kepada Ketua Kursus Kasman Simamora.

Plt Sekdakab Paluta Tongku Palit Hasibuan saat membacakan amanat Bupati selaku Ketua Kamicab di hadapan para peserta mengajak para calon Pembina pramuka yang mengikuti kursus ini harus bias menjadi tauladan dan pelopor di masyarakat, terutama membina dan menciptakan para generasi muda sebagai kader bangsa yang taat beragama, berakhlak mulia, berdisiplin, mandiri dan memiliki idealisme serta semangat kerja sama yang tinggi.

Dia juga berharap kepada para pelatih dari Pusdiklatcab supaya dapat membekali para peserta KMD dengan ilmu pengetahuan kepramukaan secara maksimal agar pada pelaksanaannya di sekolah nantinya dapat lebih baik.

“Kursus ini hanya ada di Kepramukaan, untuk itu, saya berpesan kepada seluruh instruktur dan pelatih agar membekali para peserta dengan ilmu kepramukaan sehingga nantinya bisa menjadi pembina pramuka yang handal di tengah-tengah masyarakat untuk mendidik dan membina generasi pramuka”, tegasnya.

Minta Anggaran Ditambah

Ketua penanggungjawab rangkaian KMD, Umar Pohan melaporkan sasaran KMD ini bertujuan agar setelah selesai pelatihan semua para peserta dapat benar-benar melakukan pembinaan kepramukaan  dengan sungguh-sungguh dan sebagai ujung tombak pembinaan sebagai pembina pramuka yang mengemban tugas pelaksana ekskul wajib kepramukaan di masing-masing gugus depan.

Menurutnya saat ini gerakan pramuka di Kabupaten Padang Lawas Utara banyak mengalami kemunduran dalam berbagai bidang kegiatan sejak berdirinya beberapa tahun lalu sejak terpisah dari kabupaten induk (Tapsel-red).

Kemunduran tersebut, katanya, disebabkan akibat minimnya anggaran yang tidak mendukung, sehingga segala kegiatan terkendala dan tidak berjalan dengan maksimal.

Oleh karenanya, dalam kesempatan itu ia meminta kepada Plt Sekda Paluta mewakili Bupati agar anggaran gerakan pramuka di Kabupaten Padang Lawas Utara diperhatikan sehingga tahun depan, gerakan pramuka mendapat anggaran yang layak dalam rangka pembentukan watak generasi muda di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Menjawab permintaan tersebut, Plt Sekdakab Paluta Tongku Palit Hasibuan berharap para pengurus kwartir Cabang Gerakan Pramuka Paluta menyampaikan permohonan dan menyusun rencana kerja pramuka, sehingga nanti bisa dibahas dan diakomidir sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. (ong) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut