Puskesmas Batang Angkola Tapsel gelar senam lansia


0

Tapsel – Lomba senam lansia digelar oleh Puskesmas Batang Angkola, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten  Tapanuli Selatan, sebagai upaya memasyarakatkan senam tersebut.

Lomba diikuti 40 peserta perwakilan dari Puskesmas Pembantu  se-Kecamatan Batang Angkola yang digelar di Puskesmas, Selasa (23/8).

Kepala Puskesmas Batang Angkola dr Habibullah mengatakan, lomba senam lansia ini baru pertama kali dilaksanakan,  bertujuan menjadikan lansia tetap sehat, bugar dan produktif.

Adapun kategori yang dinilai yaitu semangat, kekompakan dan keceriaan.

“Mungkin Kita tidak bisa membayangkan bagaimana seseorang nenek-nenek yang berusia 70 tahun bisa hafal gerak senam, mengikuti irama hingga 20 menit. Sebelum pelaksanaan lomba senam lansia, mereka para peserta lomba diberikan pemanasan dengan ramai-ramai senam bugar lansia. Mereka dengan semangat dan energik mengikuti instruktur senam yang berada di depan nya, tanpa ragu dan canggung,”  ungkap dr Habib.

Ketua TP -PKK Pasir Matogu Shinta Setiowati yang didampingi Kepala Desa Pasir Matogu F Islami dalam sambutan mengingatkan bahwa menjadi lanjut usia merupakan salah satu fase hidup yang akan dialami setiap manusia.

Meskipun usia bertambah, dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh, tetapi lansia tetap dapat menjalani hidup sehat. Beberapa pola hidup sehat seperti olahraga dan menjaga pola makan memang harus dilaksanakan, terlebih di Kecamatan Batang Angkola usia harapan hidup sudah mencapai 72 tahun.

“Ini membuktikan bahwa Kecamatan Batang Angkola cukup berhasil dalam penanganan warga usia lanjut,” katanya.

Di antara 40 peserta lomba, yang mendapatkan juara I Pustu Hutatonga Desa Pasir Matogu di bawah pimpinan Kapustu Jojor Tua.

Sementara salah satu peserta lomba, Ibu Harahap yang berusia 70 tahun, mengatakan berterima kasih kepada Kepala Puskesmas Batang Angkola dan guru senam lansia.

“Selama saya mengikuti senam setiap minggu, rasanya stamina saya cukup segar. Kalau tidak mengikuti senam ini, stamina saya kurang sehat. Makanya saya terus mengikuti olahraga senam lansia,” katanya.

Acara ini diiringi nyanyi bersama beserta dan para pegawai Puskesmas serta para bidan dan Kapus Batu Horpak. Acara disponsori Susu Diabetasol dari Kalbe. (SS88 /Harian88.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut