Ratusan Warga Paluta Duduki Kantor PPK


0

Paluta – Ratusan warga Desa Lantosan II, Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), “menduduki” Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Padang Bolak Julu, di kantor Camat Padang Bolak Julu, Senin (14/4) pukul 22.00 WIB hingga dini hari.

Aksi mereka terkait tuntutan pemilihan ulang karena dugaan banyaknya indikasi kecurangan yang terjadi pada proses pemungutan suara di berbagai desa.Selain itu juga adanya dugaan permainan oknum PPK yang sengaja menggelembungkan suara dengan cara membuka kotak suara di kantor PPK setempat.

Dalam aksi terjadi perdebatan sengit antara warga dengan  penyelenggara pemilu, mereka tetap meminta KPUD Paluta untuk melakukan pemungutan suara ulang.

“Kami minta adanya proses pemilihan ulang di desa kami, karena tidak percaya dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan PPK,” ujar warga Desa Lantosan II, Kecamatan Padang Bolak Julu Iman Harahap..

Iman menuturkan, adanya kecurangan yang terjadi di kantor PPK Padang Bolak Julu dilakukan oleh oknum PPK dengan cara membuka kotak suara pada Jumat (11/4) pukul 02.00 WIB dinihari, setelah diperiksa saat kejadian sudah 12 kotak suara yang terbuka dan tidak bersegel.

Hal inilah yang menurut Iman  menjadi dasar kecurigaan masyarakat terhadap hasil perhitungan suara yang dilakukan PPK Padang Bolak Julu tidak benar.

Tertangkap Tangan

Hotman Harahap (32), warga yang pertama kali mengetahui kejadian atas tertangkap tangannya salah satu oknum PPK Padang Bolak Julu bernama Soripado Siregar mengungkapkan,  dirinya pada Jumat (11/4) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari mendatangi kantor PPK Padang Bolak Julu untuk sekadar melihat situasi yang terjadi di kantor itu, sebab sebelumnya dirinya sudah merasa curiga dengan oknum PPK.

Sesampainya di kantor PPK  dirinya melihat oknum PPK bernama Soripado Siregar sedang membuka kotak suara, padahal dalam peraturannya kotak suara itu tidak boleh dibuka dan harus bersegel.

Setelah melihat kejadian itu, dirinya mengabadikan melalui hpnya, namun setelah di foto, oknum PPK itu  spontan berlari melalui jendela meninggalkan  anggota PPK lainnya yang pada saat kejadian sedang tertidur.

Saat itulah Hotman Harahap  memberanikan diri memeriksa keadaan kotak surat suara, dan setelah dihitung 12 kotak surat suara sudah terbuka dan tidak bersegel lagi.

Anggota PPK lainnya Irfan Siregar, lanjut Hotman juga terindikasi dan terlibat dalam kasus pembukaan kotak surat suara itu.

Senada juga diungkapkan warga lainnya, Mara Kali Harahap, dirinya justru menantang pihak panwas kecamatan untuk membuka formulir C-1 untuk dipublikasikan kehadapan masyarakat yang saat itu hadir agar keresahan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap perhitungan surat suara tidak menimbulkan rasa curiga.

Ratusan masyarakat yang didominasi kaum ibu itu juga  menyayangkan pihak PPK yang tidak terbuka pada publik serta mereka meminta agar pelaku pembuka kotak surat suara agar ditangkap dan di adili sesuai undang-undang berlaku.

“Kami kecewa dengan PPK,  kenapa pelakunya belum juga ditangkap, padahal udah jelas terbukti,” tegas Rahmawati Boru Siregar.

Terpisah Ketua KPUD Paluta Drs Safri Siregar didampingi Muhammad Ali Ansor SAg mengungkapkan, jika memang masyarakat ada bukti dan menemukan kecurangan, sebaiknya melaporkan kejadian itu ke Panwaslu agar penanganannya sesuai prosedur yang tepat.

Ketua Panwaslu Paluta Rahmat Hidayat SP mengungkapkan, permasalahan pelanggaran pemilu itu pihaknya juga sudah ada membentuk Gakkumdu yaitu gabungan antara Kepolisian, Kejaksaan dan Panwaslu.

Dalam prosesnya nanti kata Rahmat Hidayat, semua laporan itu pasti ada langkah-langkah maupun prosedurnya dan membutuhkan waktu dalam menangani setiap kasusnya.

Sementara, Kaban Kesbangpol Burhan Harahap mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kekondusifan usai pemilu melalui kearifan lokal yakni kahanggi, mora dan anakboru, kata Burhan Harahap hal itu tidak akan bisa terlepas dari masyarakat Paluta.

“Dengan kearifan lokal, kahanggi, mora dan anakboru mari kita jaga kekondusifan di daerah kita ini,” pesannya. (ong) (AnalisaDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut