Rekapitulasi Hasil Pemilu di Sidimpuan Selatan ‘Panas’


0

Padangsidimpuan – Proses rekapitulasi hasil Pemilu Legislatif tahun 2014 di aula kantor Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota P. Sidimpuan berlangsung “panas”, Senin (14/4).

Pantauan Analisa, panasnya rekapitulasi yang berlangsung mulai Minggu pagi (13/4) pukul 10.00 WIB hingga, Senin (14/4) itu, dikarenakan para saksi meragukan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan PPS sehingga kotak suara dari TPS terpaksa dibuka.

Meskipun kotak suara sudah dibuka, namun protes dari saksi terus bergulir, sebab banyak kejanggalan yang ditemukan sehingga beberapa TPS ditunda penghitungannya.

Dari 25 TPS yang ada di Kelurahan Ujung Padang tercatat dua TPS yang penghitungannya dipending. Sedang yang tidak dibuka sama sekali hanya TPS-3. Kondisi ini membuat proses rekapitulasi berjalan lambat.

Hingga pukul 18.00 WIB, rekapitulasi untuk 25 TPS yang ada di Kelurahan Ujung Padang tidak selesai. Rapat Pleno terbuka di Kecamatan P. Sidimpuan Selatan kembali dilanjutkan pukul 20.15 WIB untuk melanjutkan rekapitulasi hasil pemilu untuk tingkat DPR RI dan baru selesai sekira pukul 21.00 WIB dengan catatan dua TPS dipending.

Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara untuk calon DPD. Pada tingkatan ini juga ada beberapa data yang tidak singkron penjumlahannya dan baru sekira pukul 22:00 WIB penghitungan suara untuk DPD selesai sekaligus Rapat Pleno terbuka tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara diskor untuk dilanjutkan, Senin (14/3). Kondisi yang hampir sama juga terjadi pada lanjutan penghitungan rekapitulasi suara.

Panasnya, proses rakapitulasi suara di tingkat kecamatan, membuat waktu pelaksanaannya berjalan lambat. Terbukti dalam satu hari satu malam baru 25 TPS yang dapat diselesaikan untuk tingkat DPR RI dan DPD, itupun masih pending 2 TPS.

Sementara jumlah TPS di Kecamatan P.Sidimpuan Selatan sebanyak 155 TPS. Hingga Senin siang sekira pukul 13.00 WIB proses rakapitulasi di P.Sidimpuan Selatan masih berkutat di 25 TPS untuk tingkat DPRD Sumut. Sedangkan untuk tingkat DPRD Kota P.Sidimpuan sama sekali belum disentuh.

Sehingga dapat dibayangkan untuk 25 TPS saja memakan waktu 2 hari dan jika prosesnya tetap seperti itu berarti rekapitulasi di PPK tersebut lebih dari satu minggu.

Ketua PPK P.Sidimpuan Selatan Ikhsan Hidayat Harahap mengatakan, sampai saat itu masih melakukan penghitungan untuk tingkat DPRD Sumut. ”Prosesnya cukup lambat sebab saksi mendesak agar kotak suara dibuka,” ungkapnya.

Hadir dalam rapat pleno terbuka dipimpin Ketua PPK Ikhsan Hidayat Harahap itu para saksi termasuk ketua partai politik, pemantau pemilu, Panwaslu dan dijaga aparat keamanan. (hih) (AnalisaDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut