RI-Korsel Tanda-tangani Perjanjian Swap Mata Uang


0

Seoul – Indonesia dan Korea Selatan telah menandatangani perjanjian swap mata uang bilateral (bilateral currency swap arrangement–BCSA) dalam upaya untuk membantu meningkatkan perdagangan bilateral dan penyelesaian perdagangan dalam mata uang lokal serta mengurangi ketergantungan pada dolar AS, bank sentral mengatakan Kamis.

Gubernur Bank Sentral Korea (BoK) Kim Choong-soo dan mitranya dari Indonesia, Agus DW Martowardojo, menandatangani kesepakatan pertukaran mata uang di Jakarta, BoK mengatakan dalam sebuah pernyataan. Kedua negara telah menyepakati kesepakatan pada Oktober tahun lalu.

Kesepakatan itu akan memungkinkan untuk pertukaran mata uang lokal antara kedua bank sentral hingga 10,7 triliun won (sekitar 10 miliar dolar AS) atau Rp115 triliun selama tiga tahun. Masa efektif dapat diperpanjang dengan persetujuan bersama dari kedua belah pihak.

“Pengaturan ini dirancang untuk meningkatkan perdagangan bilateral dan memperkuat kerja sama keuangan untuk pembangunan ekonomi kedua negara,” kata pernyataan bersama.

“Secara khusus, pengaturan ini juga akan memastikan penyelesaian perdagangan dalam mata uang lokal antara kedua negara bahkan pada saat keuangan tertekan untuk mendukung stabilitas keuangan regional.” Indonesia adalah mitra dagang ketiga terbesar Korea Selatan di antara anggota Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) .

Ekspor Korea Selatan ke Indonesia adalah 11,57 miliar dolar AS pada 2013, yang menyumbang 2,1 persen dari total. Impor dari Indonesia adalah 13,19 miliar dolar AS, di antaranya sumber daya alam, termasuk gas alam, minyak mentah dan batubara, mengambil sekitar 60 persen dari total.

Kesepakatan pertukaran mata uang akan memungkinkan Korea Selatan untuk mengimpor komoditas dari Indonesia dengan cara yang stabil di tengah meningkatnya volatilitas di pasar keuangan global, setelah Federal Reserve AS mengurangi pelonggaran kuantitatifnya.

Pemerintah Korea Selatan telah berupaya untuk mencapai kesepakatan swap mata uang dengan banyak negara sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS untuk penyelesaian perdagangan.

Korea Selatan telah menandatangani perjanjian swap mata uang senilai sekitar 129 miliar dolar AS, dengan nilai kesepakatan dengan China, Jepang, Uni Emirat Arab, Malaysia dan Australia berturut-turut sebesar 56 miliar dolar AS, 10 miliar dolar AS, 5,4 miliar dolar AS, 4,7 miliar dolar AS dan 4,5 miliar dolar AS. (Ant/Xinhua) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut