Satu Rumah Hangus Terbakar di Palopat Sidimpuan, Tidak Ada Korban Jiwa


1
23 shares, 1 point
Satu Rumah Hangus Terbakar di Palopat Sidimpuan, Tidak Ada Korban Jiwa
Sebuah rumah di lingkungan Madrasah Diniyah Aaliyah Albarokah Kelurahan Palopat, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan yang terbakar, Senin (28/01) sekira pukul 14:00 Wib.

Padangsidimpuan – Sebuah rumah semi permanen yang terletak di lingkungan Madrasah Diniyah Aaliyah Albarokah Kelurahan Palopat, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan terbakar hangus dilalap si jago merah, Senin (28/01) sekira pukul 14:00 Wib.

Informasi yang dihimpun di lapangan, rumah tersebut dihuni Rosmawati (50) bersama 8 orang keluarganya. Rosmawati kesehariannya bekerja sebagai petani.

Tidak ada laporan terkait korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Namun total kerugian para korban diperkirakan mencapai lebih dari ratusan juta rupiah.

“Saat peristiwa itu terjadi, bangunan rumah dalam kondisi kosong, karena ditinggal pergi oleh penghuninya,” ujar Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan AKP Abdi Abdullah SH saat dikonfirmasi wartawan via sambungan telepon seluler, Senin (28/01) sore sembari membenarkan kejadian itu.

Menurut Abdi, kemunculan api diketahui pertama kali sekira pukul 14.00 Wib oleh warga sekitar, Siti Siregar (34) dan Hotman Nasution (42) yang saat itu sedang melintas di lokasi kejadian.

“Tanpa sengaja, kedua saksi melihat kepulan asap tebal keluar dari bagian belakang rumah yang dihuni wanita janda berusia 50 tahun itu,” terangnya.

Menyadari hal tersebut, sambung dia, keduanya spontan berteriak meminta pertolongan, dan bergegas melakukan pemadaman seadanya bersama warga sekitar lainnya. Namun belum sempat melakukan upaya pemadaman, mendadak kobaran api muncul. Bahkan volume api semakin membesar, akibat kuatnya tekanan angin di wilayah itu.

“Dalam waktu singkat, kobaran api membakar seluruh bagian bangunan dan barang di dalam rumah.
Seketika itu pula, kobaran api merambat dan turut menghanguskan bangunan rumah itu,” jelasnya.

Menyikapi situasi tersebut, warga setempat bergegas datang dan berupaya melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya. Namun, karena kondisi kedua bangunan rumah dalam keadaan terkunci, warga pun hanya dapat menyelamatkan sebagian kecil barang dan perkakas pemilik rumah.

“Beruntung, tidak lama setelah peristiwa itu dilaporkan, dua unit armada pemadam kebakaran segera datang dan melakukan proses pendinginan,” jelas kasat.

Sayangnya, meski akhirnya kobaran api berhasil dipadamkan, namun upaya itu tetap tidak mampu menyelamatkan bangunan rumah dan sebagian besar barang berharga di dalamnya.

Pasca api padam, petugas kepolisian dari Polsek Batunadua dan Satreskrim Polres Padangsidimpuan segera melakukan pengamanan lokasi, sembari mengumpulkan keterangan dari para saksi mata dan mengamankan barang bukti puing sisa kebakaran.

“Berdasarkan hasil investigasi sementara, kemunculan api masih dalam penyelidikan,” tukas Abdi. (Sabar) (SidakNews)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
1
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut