Semua Jalan di Inti Kota Sidimpuan Bisa Jadi Lahan Parkir


0

parkir sidimpuanSIDIMPUAN – Semua jalan di Kota Padangsidimpuan, kecuali jalan nasional, bisa dijadikan lahan parkir. Penataan lokasi parkir itu dikelola oleh Pemko dibantu pihak ketiga.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Perhubungan Bestari Lubis kepada METRO, Rabu (18/12). Dikatakannya, selama ini jalan kota, terutama yang berada di inti kota, bisa dijadikan lahan parkir kendaraan dan dikutip retribusi. Dimana retribusi parikir itu merupakan penyumbang pendapatan bagi daerah.

“Lahan parkir yang ada di Kota Psp, khususnya di inti kota, dikelola langsung oleh Pemko, ditambah bantuan dari pihak ketiga. Retribusi parkir seleruhnya dikutip pihak ketiga dan disetor ke bendahara yang ditugaskan kemudian langsung disetor ke bank,” ucap Bestari.

Adapun target pendapatan parkir pada tahun 2013 ini, disebutkannya, berkisar Rp400 juta lebih dari sebelumnya Rp240 juta. Sementara perkiraan per-bulan, semua lahan parkir di Kota Psp ditarget Rp21 juta lebih. “Mudah-mudahan tahun ini pendapatan dari lahan parkir mencapai target yang ditentukan,” katanya lagi.

Sementara Ketua Karang Taruna Psp Ammar Ghozali Lubis menyebutkan, lahan parkir selama ini dinilai tidak jelas setoran retribusinya. Ammar juga pesimis bahwa target itu tidak bisa dicapai jika beberapa titik parkir tidak memberikan setoran.

Jika parkir merupakan salah satu penyumbang PAD terbesar di Kota Psp dan dikelola pihak ketiga, Karang Taruna siap memberikan kontribusi lebih dari target saat ini, atau memberikan target Rp25 juta per bulan.

“Tentunya hal ini tidak terlepas dari peran kita untuk mendukung visi, misi wali kota yang menginginkan rakyah Sehat, Maju dan Sejahtera (SMS). Sebab selama ini saya fikir PAD-nya hanya sampai kantong oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu sebagai kontribusi penyumbang PAD terbesar, kita siap memberikan target Rp25 juta per bulan kepada Pemko,” jelasnya.

Disamping itu ia mengungkapkan, disamping pengawalan agar mendongkrak pendapatan Pemko, upaya penataan lahan parkir agar tidak kelihatan semrawut juga sangat penting dilakukan. Kedepan, Karang Taruna siap diberdayakan dengan terus berkoordinasi pada pihak-pihak terkait.

“Sebab selain menambah pendapatan daerah, penataan lahan parkir juga penting agar terlihat baik. Sehingga kerapian, kebersihan dan ketertiban bisa terwujud, khususnya di inti kota yang selama ini menjadi pusat perekonomian, perbelanjaan dan aktivitas masyarakt,” sebutnya. (tan) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut