STAIN P.Sidimpuan Gelar Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan


0

stainPadangsidimpuan, (Analisa). Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan menggelar seminar dan pelatihan dikampus setempat, jalan Imam Bonjol Kota P. Sidimpuan, kemarin.

Dalam sambutannya, Ketua STAIN P.Sidimpuan DR Ibrahim Siregar MCL diwakili Ketua Jurusan Syariah, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M. Ag mengatakan, target seminar dan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar dapat membuat business plan dimasa yang akan datang.

“Mental kewirausahaan harus ditumbuhkan pada diri mahasiswa. Kedepan, tantangan dunia kerja sangat berat, mahasiswa diharapkan tidak menjadi pencari kerja akan tetapi menciptakan lapangan kerja,”ujarnya.

Diharapkannya, melalui pre-kuisioner, mahasiswa dapat mengikuti seminar dan pelatihan dengan serius.

“Ini merupakan pelatihan lanjutan sebagaimana pernah dilakukan sebelumnya, namun ini dikemas dalam bentuk pelatihan yang lebih aflikatif. Kita harapkan output dari seminar dan pelatihan ini dalam bentuk nyata, yakni membuka peluang bisnis,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Rukiah Lubis, SE., M.Si mengatakan, thema seminar dan pelatihan ini adalah “menumbuhkan jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan kompetensi lulusan Program Studi Ekonomi Syariah STAIN P.Sidimpuan.

“Peserta yang ikut dalam seminar dan pelatihan ini adalah Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan I yang terpilih berjumlah 80 orang.

Tampil sebagi pembicara dalam seminar dan pelatihan itu, Reni Maysarah, SE, M.Si, Ak.

Pembicara yang didatangkan dari Kota Medan itu mengatakan, mental intrepreneurship dimiliki oleh setiap orang. Tinggal lagi, bagaimana menumbuhkan mental dan jiwa wirausaha itu pada diri mahasiswa. Mahasiswa didorong memiliki inovasi dan kreativitas bisnis apalagi Tabagsel memiliki potensi yang menjanjikan.

“Anda tidak mesti jadi PNS setelah meraih gelar sarjana. Apalagi pemerintah dan perbankan saat ini menggalakkan pengembangan usaha mikro kepada masyarakat, maka anda harus kejar peluang itu,” tuturnya.

Acara itu diisi games dan dialog interaktif yang dipandu moderator, Darwis Harahap, M.Si. (hih) (analisadaily)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut