Tanah Adat Diganggu, Warga Bulu Mario Sipirok Bakar Alat Berat Milik EVI Sidimpuan


0

alat-berat-si-bakar-warga-Bulu-MarioSipirok – Masyarakat desa Bulu Mario kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Minggu (22 Maret 2015) lalu membakar Alat berat milik Pengusaha Kayu EVI Padangsidimpuan.

Warga Bulu Mario membakar Alat berat milik EVI karena tidak terima tanah adat mereka ‘diganggu’ oleh pengusaha kayu asal Padangsidimpuan ini, yang telah berulangkali mereka peringatkan.

Menurut penuturan salah seorang warga Bulu Mario, ketika kami hubungi melalui Telpon, sejak tahun 1998 Masyarakat beberapa kali demo menuntut agar pengusaha keluar dari wilayah tanah Bulu Mario.

Masyarakat telah empat kali mengadakan pertemuan di kantor Bupati Tapsel untuk musyawarah antara Bulu Mario dengan desa Simaninggir Marancar, dan telah melakukan aksi demo ke DPRD Tapsel. Bukti-bukti dokumen desa Bulu Mario terkait tanah adat ini cukup kuat.

Foto0698

Foto0702

 

Warga Bulu Mario melanjutkan, bahwa wilayah itu milik masyarakat Bulu Mario, tapi sampai sekarang tidak ada kepastian hukum dari pemerintah tentang tanah itu. Karena pengusaha Evi Padangsidimpuan kayu tersebut mengindikasikan dilindungi oleh pejabat-pejabat Tapsel.

Kayu yang diambil pengusaha tersebut telah ribuan ton dari tanah adat desa Bulu Mario, dan  kabarnya akan diberikan kepada PLTA oleh pejabat-pejabat Tapsel.

Foto0692

IMG0109CJika dengan pembakaran alat berat ini tidak ada juga tindak lanjut serta kepastian terhadap tanah adat mereka,  ratusan warga desa Bulu Mario mengatakan akan mengadakan demo secara besar-besaran demi untuk mempertahankan Tanah Adat mereka yang telah diusik. [Harmein Pane/ Sipirok.net]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut