Tim Pengawas Independen Dukung TPL Lestarikan Lingkungan di Kawasan HTI


0
(Analisa/Istimewa) KUNJUNGAN: Sekretaris Tim Independen Ir Hasudungan Butar-butar, Msi (kanan) dan anggota Ir Rikson Simarmata (kedua kanan) melakukan kunjungan kerja di areal konsesi HTI Toba Pulp di kawasan Tele. Tim Independen berikan dukungan terhadap perusahaan dalam pelestarian lingkungan dan tanaman kehidupan, Kamis (28/11).
(Analisa/Istimewa) KUNJUNGAN: Sekretaris Tim Independen Ir Hasudungan Butar-butar, Msi (kanan) dan anggota Ir Rikson Simarmata (kedua kanan) melakukan kunjungan kerja di areal konsesi HTI Toba Pulp di kawasan Tele. Tim Independen berikan dukungan terhadap perusahaan dalam pelestarian lingkungan dan tanaman kehidupan, Kamis (28/11).

Humbahas . Tim pengawas independen memberi dukungan penuh terhadap TobaPulp dalam menjalankan komitmennya melakukan pelestarian lingkungan kawasan hutan, terutama menjaga keberadaan tanaman kehidupan kemenyan (haminjon) di sejumlah areal konsesi HTI-nya di bumi Tapanuli.

Dukungan tersebut diungkapkan Sekretaris Tim Independen, Ir Hasudungan Butar-butar MSi, ketika melakukan kujungan kerja ke wilayah konsesi HTI (hutan tanaman industri) TobaPulp di kawasan Tele, Humbang Hasundutan, Rabu (20/11).

Dalam kesempatan tersebut, bersama dua anggota tim independen lainnya, Prof SB Simanjuntak dan Ir Rikson Simarmata MEE (mantan Rektor Universitas HKBP Nommensen), tim juga berkesempatan bertemu dengan sejumlah petani pemilik pohon haminjon, di areal kosensi HTI yang selama ini melaklukan kerjasama, baik dalam mengembangakan dan mempertahankan tanaman kehidupan yang diunggulkan.

“Selaku tim independent yang dibentuk berdasarkan SK Gubernur Sumut, kami menilai usaha mempertahankan tanaman kehidupan haminjon di bumi Tapanuli oleh pihak TPL patut didukung oleh sejumlah pihak, masyarakat maupun pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara. Karena dari hasil kunjungan kami di konsesi HTI, tanaman kehidupan yang berada di kawasan HTI masih terjaga keberadaannya,” ucap Hasundungan Butar-butar di areal konsesi TobaPulp di Tele.

Menurutnya keseriusan TobaPulp dalam menjaga dan mempertahankan haminjon sebagai pohon kehidupan yang diunggulkan oleh masyarakat Tapanuli, diharapkan juga membawa pengaruh positif sebagai salah satu sumber penghidupan masyarakat petani, di sekitar kawasan areal konsesi HTI.

Anggota tim independen Prof SB Simanjutak mengatakan, selain menjaga dan mempertahankan haminjon, tim independen juga berharap kepada pihak TobaPulp melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai komitmen bersama, dalam upaya melestarikan dan melindungi pohon haminjon. Sehingga keuntungan dan pemanfaatan hasil alam juga dinikmati oleh masyarakat.

“Sosialiasasi keuntungan dan manfaat haminjon harus terus dilakukan kepada masyarakat sekitar HTI. Karena tanaman kehidupan ini mampu memberikan komoditi dan keunggulan kompetitif di Sumatera Utara. Apalagi saat ini keberadaan tanaman kemenyan sudah mulai jarang di pasaran internasional. Untuk itu diharapkan pengembangan dan budidaya kemenyan memberi arti sebagai pendapatan sampingan masyarakat,” ujar Prof SB Simanjuntak.

Lebih lanjut tim independen juga menilai kinerja pihak TPL dalam upaya melestarikan tanaman kehidupan haminjon, harus dipertahankan dan mendapat dukungan oleh masyarakat, pemerintah dan instansi terkait lainnya, dalam peningkatan produktivitas tanaman yang masih diunggulkan masyarakat Humbahas tersebut. (rel/sug) (analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut