Tingkat Kualitas Udara Medan Akan Dipublikasikan


0

MEDAN- Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Medan Arif Tri Nugroho mengatakan informasi tentang Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang menunjukkan kualitas udara di Kota Medan tidak lagi dapat diakses publik karena papan elektronik ISPU di beberapa titik telah rusak.

“Station dan display (papan) itu sampai saat ini masih tercatat sebagai aset milik Kemetrian Lingkungan Hidup (KLH) yang diserahkan kepada Pemko Medan pada tahun 2001. Mekanik untuk memperbaiki ISPU harus berasal dari KLH, karena alat seperti itu sudah tidak ada lagi,“ ujarnya saat dijumpai pada pembukaan MTQ ke 47 di Jalan Gaperta, Senin (3/3/2014).

Arif mengatakan, dirinya akan mengambil kebijakan untuk mempublikasikan hasil data pencemaran udara ke situs web resmi milik Pemko Medan agar dapat diakses oleh masyarakat.

“Kalau di display hanya orang yang melintas di kawasan tersebut yang dapat melihat. Kalau kita umumkan datanya di situs resmi, maka semua orang dapat mengaksesnya. Selain di situs saya akan usulkan penyampaian data pencemaran udara akan disampaikan kepada masyarakat melalui monitor-monitor infomasi yang dimiliki oleh Pemko Medan,“ jelasnya.

Arif menambahkan, pihaknya berencana untuk memiliki stasiun serta display ISPU sendiri seperti Kota Surabaya dan anggarannya akan ditampung dalam APBD.

“Memang harganya tidak murah. Untuk satu unit stasiun dan display ISPU berkisar Rp 6 miliar. Nanti akan kami coba masukkan dalam P-APBD. Kalau ditolak akan kembali diajukan dalam R-APBD 2015,“ tandasnya.

(ton/tribun-medan.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut