TP4D disoalisasikan di Pemkab Tapanuli Selatan


0

Tapsel – Tim Pengawal, Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) disosialisasikan ke Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Sosialisasi TP4D untuk pertama kali dilaksanakan di lingkungan Pemkab Tapsel, di  Dinas Pekerjaan Umum bersama Kejari Padangsidimpuan, di Aula PU Tapsel, Padangsidimpuan, Selasa (23/8).

Plt Kadis PU Pemkab Tapanuli Selatan Malik Assalih ST, mengatakan, eksistensi TP4D nantinya bertugas mengawal demi suksesnya pembangunan utamanya bidang infrastruktur.

“TP4D dibentuk kejaksaan agung, dengan harapan dilibatkannya Tim,  perjalanan pembangunan daerah lancar,” katanya.

Narasumber dalam sosialisasi itu Kasi Intel Kejaksaan negeri Padangsidimpuan Lamro Simbolon, SH dibantu staf Ali Asron Harahap, SH. Dalam menjalankan tugasnya, TP4D  akan mendampingi pengawalan setiap instansi yang akan melaksanakan program pembangunan, untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

“Jadi, daerah tidak usah lagi takut menjalankan kegiatan program pembangunan,” tegas Lamro selaku ketua Tim TP4D.

Diingatkannya juga, bila dalam perjalanan ditemukan penyimpangan, institusinya tidak segan melakukan penindakan,” jelasnya.

“Bagaimanapun, sesuai program, kami ingin amankan uang rakyat  sesuai program kami AKUR “ayo kawal uang rakyat,” katanya.

Dengan dibentuknya Tim pendamping, tidak ada lagi alasan para pejabat daerah takut mengeksekusi dana dari pemerintah.

“TP4D ini dibentuk atas jawaban kekhawatiran para pejabat pusat sampai daerah takut dikriminalisasi, dalam melaksanakan program atau proyek pemerintah,” ujarnya.

Keengganan itu, mengakibatkan penyerapan anggaran pemerintah di pusat rendah. Pembangunan akhirnya tersendat. Oleh karenanya, Kejaksaan Agung membentuk TP4D.

“Harapan kita sosialisasi ini dapat diikuti SKPD lainnya di wilayah Pemkab Tapanuli Selatan,” sebut Lamro Simbolon.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu diikuti seluruh staf dan pegawai lingkungan dinas PU Tapanuli Selatan. (Kodir Pohan, Akung /antarasumut.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut