Ultah ke-64 Tapsel, Tampilkan Produk Hasil Kreativitas Putra Daerah


0
PRAJURIT Batalyon Infanteri 123 Rajawali mema-merkan berbagai senjata yang merupakan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI di Pameran Pemba-ngunan Tapsel 2014. (Amran)
PRAJURIT Batalyon Infanteri 123 Rajawali mema-merkan berbagai senjata yang merupakan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI di Pameran Pemba-ngunan Tapsel 2014. (Amran)

TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu SH, secara resmi membuka pameran pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Tapsel ke 64 tahun 2014 di Lapangan Sarasi I (eks Pasar atas) Sipirok, Kecamatan, Sipirok, Rabu (19/11).

Pameran yang diselenggarakan selama lima hari tersebut (19-23 November) itu menampilkan 63 stand, di antaranya 24 stand milik SKPD di Tapsel, 14 stand kecamatan, 1 stand Pemkab Tapteng, 1 Stand Pemko Sibolga, ditambah stand Batalyon Infnateri 123 Rajawali, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan perusahaan yang ada di Tapsel, seperti Sumatera Motor, PT Bank Sumut, Bank BRI, BPJS, PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri Siais, Tambang Emas Martabe (PT Agincourt Resources), Telkomsel, Metro, Honda dan juga Dekranasda serta Yayasan Marsipature Hutana be (YPMhb) yang bergabung dengan SMAN 2 Plus Sipirok.

Pembukaan diawali acara seremonial serta pelepasan balon berhadiah oleh Bupati bersama Ketua DPRD Rahmat Nasution SSos dan beberapa anggota DPRD Tapsel, seperti Silvan Rahmat Amin Siregar, Adesmar Siregar, Derliana Siregar, Tongku Makbul Siregar, Nurhaida Harahap, Jumadin Oloan Rambe, Ali Adanan Nasution dan lainnya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan gunting pita di pintu masuk komplek stand pameran oleh Bupati disaksikan Ketua DPRD dan Ketua TP PKK Tapsel Ny Syaufia Syahrul.

Dalam pameran ini, stand milik pemerintah dan perusahaan swasta menampilkan barbagai jenis potensi alam daerah serta program dan hasil kinerja pemerintah. Paling menarik, pameran ini juga menampilkan teknologi hasil kretivitas putra-putri Tapsel.

Acara yang digelar sekali setahun ini juga dimeriahkan penampilan tari-tarian berbagai suku budaya masyarakat yang ada di Tapsel. Kemudian selama pagelarannya di halaman depan stand pameran, setiap malam digelar hiburan rakyat dengan mendatangkan Tari KDI dan pelaksanaan berbagai lomba lain, dalam memupuk semangat dalam memajukan Tapsel dalam berbagai sektor.

Pada kesempatan itu Bupati menyebutkan, pameran ini merupakan wahana promosi dari program kerja pemerintah yang bertujuan untuk menginformasikan berbagai hasil pembangunan dan potensi daerah kepada masyarakat luas.

“Di pameran ini dipampangkan miniatur potret potensi daerah dan pembangunan sarana prasana yang telah dilaksanakan pemerintah daerah. Sehingga maksud dan tujuan pembangunan itu bisa tersampaikan kepada masyarakat luas,” ujar Syahrul.

Pembangunan, katanya, tidak akan berjalan maksimal tanpa ada sinergitas antara pelaku dengan objek pembangunan. Bagaimana sinergitas itu terjalin, tentu harus ada sosialisasi dan keterbukaan informasi ke masyarakat sebagai objek pembangunan.

Baik Bupati maupun Ketua DPRD Tapsel, keduanya berjanji untuk terus bersinergi dalam rangka meningkatkan program pembangunan dan memaksimalkan pengelolaan potensi sumber daya daerah, dalam rangka meningkatan kesejahteraan rakyat. “Setiap tahun, APBD Tapsel terus mengalami kenaikan. Dan patut kita syukuri, hal itu tak lepas dari kerja keras Bupati kita ini,” sebut Rahmat Nasution sambil menjelaskan bahwa pada 2015, APBD Tapsel nyaris menyentuh angka 1 triliun.

“Karena itu, pembangunan di Tapsel harus berkelanjutan dan berkesinambungan. Sehingga visi Pemkab untuk membangun manusia pembangunan bisa tercapai dengan baik, serta terhindar dari halangan apapun,” ungkapnya.

Syahrul juga menambahkan, dirinya bersama dukungan legislatif dan masyarakat luas akan terus bekerja keras mencari ide dan anggaran pembangunan, baik dari APBD Provsu dan APBN, agar tetap mendarat di Tapsel, dalam memajukan berbagai aspek pembangunan.

“Tentu semua akan tercapai bila ada sinergitas pemerintah, legislatif, berbagai pihak, dan pemerintah atasan dan juga masyarakat. Sehingga hasil pembangunan dapat terus ditingkatan,” ujarnya.

Usai pembukaan pameran yang ditandai pemotongan pita di pintu masuk komplek stand oleh Ketua TP PKK Tapsel. Bupati bersama Ketua DPRD, Muspida, dan rombongan meninjau seluruh stand pameran yang ada.

Hampir semua stand menampilkan produksi teknologi karya putra-putri Tapsel. Di antaranya pakaian tenun, hasil pertanian holtikultura, berbagai produk makanan, minuman, dan souvenir berbahan baku buah salak. Hasil teknologi olahan baja dan logam, serta bibit karet dan sawit yang dikembangkan putra-putri daerah.

Hadir dalam acara pembukaan pameran tersebut, Wakil Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Muspida Plus, Pimpinan SKPD Tapsel, Perwakilan Bupati Tapteng dan walikota Sibolga, unsur Muspika. Pembukaan pameran itu pun mendapat antusias yang sangat tinggi dari warga. (ran) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut