UN 2015, Pakai Saja Tokoh yang Sudah Meninggal


0

JAKARTA – Ujian nasional (UN) selalu menimbulkan kontroversi. Maka, pada tahun depan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengganti materi naskah soal UN.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Musliar Kasim mengungkapkan, untuk tahun depan, pada naskah soal UN akan mencantumkan nama tokoh dalam soal mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia dengan tokoh yang sudah meninggal.

“Ada kisi-kisi, menentukan keteladanan atau keistimewaan tokoh biografi, menentukan masalah atau konflik yang dihadapi tokoh biografi, tapi yang menentukan tokoh tersebut bukan dari pihak Kemendikbud, melainkan pembuat soal,” ujarnya dalam acara Perkembangan Penyelenggaraan UN 2014, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Menurut Musliar, sudah ada prosedurnya untuk menentukan para tokohnya. “Untuk menjaga soal ada dari empat pihak, yaitu percetakan, panitia, Kemendikbud, serta provinsi,” ucapnya.

Musliar mengaku ketika dirinya masuk ke ruangan percetakan, alat-alat seperti handphone, dompet, bahkan sepatu pun harus ditanggalkan.

“Selain kisi-kisi, Kemendikbud hanya memahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks non sastra tajuk rencana, laporan karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf non teks,” ungkapnya. (ade) (okezone.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut