Wakil Bupati Palas dan Masyarakat Tanjung Panen Raya Padi


0

PALAS – Wakil Bupati Palas drg Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt bersama masyarakat Desa Tanjung melakukan panen raya padi sekaligus panen perdana di Saba Tolang Luat Sapagabu, Desa Tanjung, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Rabu (26/3). Acara ini sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan panen padi yang terus meningkat.

Wakil Bupati Palas dalam sambutannya mengatakan, akan terus memberi dorongan semangat kepada masyarakat khususnya kelompok tani agar selalu giat dan sukses dalam bertani. Ia menilai, bagi petani, masa panen adalah masa-masa yang membahagiakan dan sangat ditunggu-tunggu. Seperti panen perdana yang merupakan hasil kerja keras yang telah dilakukan warga selama ini.

“Saya merasa bahagia dan bangga melihat hamparan padi masyarakat yang siap untuk di panen,” ujarnya.

Wakil Bupati menilai pembangunan pertanian pada prinsipnya merupakan upaya menumbuhkembangkan potensi pertanian yang ada. Ini juga memfasilitasi berbagai aktivitas pertanian sehingga lebih berdaya guna dan berdampak positif bagi perkembangan suatu daerah ke depan.

“Sebab itu, yang perlu mendapat perhatian bersama adalah bagaimana memenuhi kebutuhan konsumsi lokal masyarakat, produksi padi utamanya,” ajaknya.

Lebih lanjut dikatakannya, produktivitas padi masih mengalami fluktuasi dan distribusi yang tidak merata. Begitupun prasarana penunjang yang belum memadai menjadi persoalan tersendiri bagi upaya pemenuhan konsumsi beras masyarakat. “Bahkan tidak berlebihan jika beras kita mampu bersaing dengan beras luar baik kemasan maupun kualitasnya,” sebutnya.

Sementara itu Kadis Pertanian Palas Ir Abdullah Nasution dalam laporannya mengatakan, pangan merupakan hajat hidup orang banyak yang tidak bisa diabaikan sekaligus kewajiban seluruh elemen baik itu masyarakat, pemerintah untuk sama-sama mengendalikannya.

Dan kegiatan panen perdana ini merupakan bukti konkrit dan konsep nyata Dinas Pertanian Kabupaten Palas sesuai dengan amanat UU Ketahanan Pangan Nomor 18 tahun 2012. Sekaligus juga amanah UU Nomor 41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Disamping itu, kegiatan panen perdana ini adalah suatu upaya atau ajang kompetisi untuk memotivasi para kelompok tani yang ada di Kabupaten Palas, agar lebih serius dalam meningkatkan produktivitas serta menciptakan kekompakan antar kelompok tani, serta kelompok tani dengan pemerintah.

“Apa yang dilakukan Kelompok Tani Mekar di Desa Tanjung ini merupakan program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman pangan dalam mencapai swasembada dan swasembada berkelanjutan kedepan. Dan saya berharap dengan adanya panen raya oleh Kelompok Tani Mekar Desa Tanjung ini, dapat menjadi motivasi bagi koptan-koptan lainnya,” terang Kadis. (tan) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut