Walikota Sidimpuan Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV, Nelpisar Nasution Jabat Kadisdik


0

SIDIMPUAN – Sebanyak 60 pejabat eselon II, III dan IV dilantik Wali Kota Andar Amin Harahap SSTP MSi, Selasa (26/3). Dari jumlah itu, 16 di antaranya pejabat eselon II, sedangkan 44 lainnya merupakan eselon III dan IV.

Salah seorang pejabat yang dilantik adalah Drs Nelpisar Nasution Mhum, yang kini menjabat Kadis Pendidikan. Sementara Kadis yang lama Drs Abdul Rosad MM kini menjabat staf ahli walikota bidang kemasyarakatan dan SDM.

Kemudian Letnan SKM MKes yang sebelumnya staf di Sekretariat Daerah Kota Psp kini menjabat Kepala Dinas Kesehatan. Selanjutnya, Armen Dame Harahap SH MM yang sebelumnya Camat Psp Utara dilantik menjadi Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan Pasar menggantikan Islahuddin yang kini menjadi staf ahli bidang ekbang dan keuangan.

Fakhruddin Siregar SSos MM sebelumnya Camat Psp Hutaimbaru, kini dilantik menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menggantikan Drs Satia Halomoan yang dilantik menjadi staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik.

Wali Kota Andar Amin Harahap mengatakan bahwa mutasi dan pelantikan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, sekaligus penyegaran di unit-unit kerja.

Dia menambahkan, mutasi adalah kebijakan yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karir pegawai, sekaligus memberikan penyegaran atas dasar penilaian obyektif. Mutasi akan memberikan pengalaman yang lebih luas, mengurangi kejenuhan dan memberi suasana kerja baru yang lebih menantang.

Kemudian, penempatan seseorang dalam menduduki jabatan sudah melalui mekanisme yang benar dan merupakan wujud dari pelaksanaan re-organisasi. Sebab mutasi merupakan salah satu proses yang harus diselenggarakan secara terus-menerus agar efektifitas organisasi terus meningkat, yang bermuara para peningkatan kinerja dan pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Oleh karena itu, seluruh pejabat struktural dan fungsional yang dilantik hendaknya dapat berperan sebagai unsur utama yang sangat strategis serta selalu dituntut untuk mampu bekerja dalam tim yang kompak dan harmonis, sehingga sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah.

“Untuk itu saya berharap kepada semua pejabat eselon II, III dan IV yang dilantik pada hari ini, agar sungguh-sungguh memahami, mempelajari dan melaksanakan programnya masing-masing dengan baik, sehingga indikator kinerja yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik. Selain itu mampu melakukan koordinasi dan kolaborasi dalam bekerja secara internal maupun eksternal.

Saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara sekalian yang dilantik dalam jabatan masing-masing, selamat menjalankan tugas jabatan yang diamanahkan serta dipercayakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab tinggi,” ungkap Andar.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Psp Hj Rosliana Hasibuan SPdI MM yang baru dilantik, mengucapkan terima kasih terhadap Pemko yang telah mempercayakannya sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan saat ini. Dia mengungkapkan, seluruh amanah yang telah diberikan akan dijalankan sesuai tugas fungsi jabatan yang dipegang.

“Terima kasih kepada Pemko, khususnya Wali Kota Psp yang telah mempercayakan amanah ini. Saya akan berusaha menjalankan tugas jabatan yang telah diberikan sesuai dengan tugas dan fungsi. Mudah-mudahan dengan struktur yang baru, dapat meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Psp,” jelasnya.

Penyegaran dan Peningkatan Kinerja

Perbuhan atau mutasi pejabat setingkat eselon II, III, dan IV yang baru dilaksanakan merupakan penyegaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja suatu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dengan harapan seluruh pejabat eselon yang telah dilantik dapat mempertanggung jawabkan amanah yang telah dipercayakan untuk perubahan pembangunan di Psp.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Psp H Aswar Syamsi SE, Rabu (26/3). Dia mengatakan, setiap pemerintah daerah tidak lepas dari pelaksanaan penyegaran pejabat eselon atau perubahan struktur dalam rangka meningkatkan kulitas kerja.

Sebab setiap daerah tentu menginginkan pimpinan SKPD yang dapat mempercepat laju pembangunan daerah secara terus-menerus dan mampu memberikan perubahan untuk daerah. Dengan demikian, perlu dilakukan penyegaran dan penyesuaian di setiap SKPD, agar perubahan itu dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah, khsusunya dalam pencapaian visi-misi.

Sambungnya, pencapaian suatu target tidak terlepas dari kerjasama yang baik. Oleh sebab itu target atau visi-misi Wali Kota Psp untuk menjadikan masyarakat yang sehat, maju dan sejahtera akan susah terwujud jika SKPD-nya tidak memberikan perubahan. Pelaksanaan pelantikan pejabat eselon sangat berfungsi untuk mendorong kemajuan daerah, akan tetapi setiap pejabat yang dilantik harus mampu menjalankan kepercayaan atau amanah yang telah diberikan.

“Mutasi dalam suatu pemerintahan adalah hal yang lumrah dalam rangka mengatasi kejenuhan. Diharapkan para PNS yang dilantik dapat bekerja lebih baik dari yang sebelumnya. Kita meminta para pegawai yang baru dilantik dapat berkontribusi positif bagi pembangunan Psp kedepannya,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Komisi II Ashari Harahap. Menurut Ashari, sehubungan telah diselenggarakannya pelantikan pejabat setingkat eselon II, III dan IV, sangat diharapkan seluruh pejabat yang dilantik dapat memberikan perubahan untuk kemajuan Psp. Sehingga visi-misi yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terealisasi sesuai yang telah diprogramkan.

“Kita sangat berharap agar mereka (pejabat) yang baru dilantik benar-benar melakukan yang terbaik untuk pembangunan Psp. (bsl) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut