Protes Jalan Rusak, Warga Sipirok Tanam Pohon Pisang di Badan Jalinsum


1
33 shares, 1 point
Protes Jalan Rusak, Warga Sipirok Tanam Pohon Pisang di Badan Jalinsum
Warga menanam pisang di badan Jalinsum sebagai bentuk protes karena tak kunjung diperbaiki. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

Sipirok – Masyarakat Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel menanam pohon pisang dibadan Jalinsum, pekan ini. Hal itu, merupakan bentuk kekecewaan waga pada penanganan kerusakan jalan nasional di wilayah itu.

Pantauan Metro Tabagsel, seminggu terakhir tanaman pisang telah mengiasi salah satu lubang menganga yang ada di ruas Jalinsum Sipirok-Padangsidimpuan, km 2, tepatnya di Sidodang-dodang, Kecamatan Sipirok.

Kondisi jalan negara di ruas tersebut memang rusak parah. Wargapun menanami pohon pisang sebagai ungkapan kekecewaan, sekaligus memberi tanda, agar pengguna jalan tidak terjerembab ke dalam lubang menganga tersebut.

Beberapa warga yang ditemui Metro Tabagsel, Selasa (18/12) mengaku heran dengan penanganan jalan diruas itu. Bahkan warga sangat miris jika membandingkan kualitas jalan yang ada dengan jalan nasional di wilayah lain. Pasalnya, kerusakannya sudah sangat mengancam pengguna jalan. Namun, belum ada penanganan serius.

“Yang ada hanya sesekali tambal sulam. Itupun usianya tak lama sudah kembali rusak,” ungkap Siregar (48) warga setempat.

Menurutnya, pemerintah melalui instansi terkait, sudah selayaknya respon dengan kondisi jalan itu. Sebab, sudah cukup lama kondisi kerusakannya dirasakan masyarakat pengguna jalan. Padahal, jalur tersebut sangat vital dalam mendukung kelancaran tranportasi, yang tentu sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Kerusakan jalan, mulai dari Pasar Sipirok hingga Simago-mago sudah sangat parah. Kita berharap, menjadi prioritas ditahun depan,” sebut Siagian (50) warga lainnya menimpali.

Ada Ratusan Lubang

Amatan Metro Tabagsel, sekitar 5 km, kondisi ruas jalan nasional yang menghubungkan Pasar Sipirok hingga depan Tor Sibohi Nauli Hotel, memang dipenuhi lubang. Ada ratusan lubang.

Sudah sangat susah menghitungnya secara pasti. Yang jelas, dibeberapa titik sudah sangat mengancam keselematan pengguna jalan. Seperti di sekitaran Simpang Desa Padang Bujur, Sidodang-dodang, Aek Milas Sosopan, Langsar, Simpang Salasa, Hutaraja dam di sekitaran Tor Sibohi Nauli Hotel.

Karenanya, kendaraan yang lalu lalang, kerab mencuri jalur untuk menghindari lubang. Dan hal ini sangat rentan pada kecelakaan.

Masih amatan Metro Tabagsel, selain di ruas tersebut, Jalinsum yang rusak parah juga terdapat di ruas Pargarutan hingga batas Kota Padangsidimpuan. Kondisi kerusakan jalan, sudah sangat membahayakan. Apalagi ruas tersebut relatif lebih banyak dilintasi kenderaan. (Metro Tabagsel)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
1
Lucu
Sedih Sedih
1
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut

0 Comments